30 Juli 2021

Kalsel Terbaik Nasional Kompetensi Kerja

2 min read

Wagub Kalsel (sasirangan) saat menerima penghargaan dari menteri tenaga kerja (baju putih) pada Senin (19/11).

JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan RI,  memberikan anugerah penghargaan  tertinggi di bidang ketenagakerjaan  kepada pemerintah daerah yang selama ini berperan aktif,  meningkatkan  kompetensi ketenagakerjaan. Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk salah satu daerah penerima penghargaan terbaik nasional, dari 19 kategori sektor  pembangunan ketenagakerjaan yang  dianugerahkan pemerintah. Kalimantan Selatan donobatkan sebagai daerah terbaik kategori indeks pembangunan ketenagakerjaan serta  indikator utama pelatihan dan  kompetensi  kerja terbaik. Melalui Forum Indeks Prestasi Pembangunan Ketenagakerjaan (Integera) 2018,  di Gedung Tri Dharma Kantor Kemenaker RI, Jakarta, Senin (19/11) siang,  Menaker RI, M Hanif Dhakiri,  menyerahkan piagam  penghargaan kepada Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan.

Menaker RI,  M Hanif Dhakiri mengatakan, pemerintah saat ini semakin fokus terhadap  investasi meningkatkan sumber daya manusia. Fokus investasi peningkatan SDM,  lanjut menaker,  sebagai jawaban untuk menyikapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi .

“Kecepatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, harus disikapi dengan perubahan nyata dari sisi regulasi sebagai pendukung utama,” terangnya.

Hanif menambahkan, pemerintah saat ini memberikan kesempatan seluas- luasnya kepada masyarakat yang memiliki kemauan, untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan ketenagakerjaan. Balai latihan kerja (BLK) yang ada di pusat dan daerah, siap memberikan kesempatan edukasi keterampilan kerja kepada masyarakat sesuai program yang telah dijadwalkan.

Karena alasan itulah, menaker memberikan apresiasi tinggi kepada daerah yang  berhasil meraih anugerah penghargaan. Sebab tanpa komitmen dari kepala daerah, maka kemajuan pembangunan di sektor ketenagakerjaan tidak akan terwujud. Menurut menteri, daerah yang mendapat penghargaan adalah dari hasil penilaian terselektif dan berdasarkan data- data lapangan secara objektif.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kepada kepala daerah penerima penghargaan. Terus tingkatkan pembangunan ketenagakerjaan melalui pemantapan sinergitas antar insan ketenagakerjaan,” pesannya

Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan didampingi Karo Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel Kurnadiansyah, usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah menobatkan Kalsel sebagai salah satu daerah penerima penghargaan nasional.

Menurut Rudy Resnawan, penghargaan tersebut adalah kerja sama semua pihak yang selama ini terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen ketenagakerjaan.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kalsel H Sugian Noorbah menambahkan,  keberhasilan Kalsel meraih penghargaan nasional dilatari adanya kebijakan terukur tentang ketenagakerjaan, terutama di bidang  pelaksanaan  kompetensi pelatihan sesuai keahlian tenaga kerja.

Paling utama lagi, sebut Sugian Noorbah   adalah perhatian dan komitmen tinggi dari pimpinan daerah terhadap upaya peningkatan kompetensi pelatihan tenaga kerja.

Bagi Pemprov Kalsel,  prestasi nasional di bidang ketenagakerjaan ini merupakan penghargaan kedua di tahun 2018. Pada Agustus 2018, Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor,  yang dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah terbaik sebagai pembina kesehatan dan keselamatan kerja (K3). (HUMASPROVKALSEL/RIW/FHF/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?