21 Juni 2021

DPT Kalsel Bertambah 142.059 Pemilih

2 min read

Ketua KPUD Kalsel saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Selasa (13/11).

BANJARMASIN – Pemilu 2019 tinggal 5 bulan lagi, tepatnya pada 17 April 2019. Tidak hanya untuk menentukan siapa presiden dan wakil presiden lima tahun ke depan, pemilu 2019 juga untuk memilih wakil rakyat di tingkat pusat, provinsi serta kabupaten kota. Termasuk juga untuk memilih anggota Dewan Pertimbangan Daerah – DPD RI untuk provinsi Kalimantan Selatan. Berbagai persiapan sudah dilakukan penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) serta Bawaslu, untuk memastikan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, berjalan lancar dan aman, serta memastkan seluruh penduduk Indonesia yang memenuhi syarat sebagai pemilih, dapat menyalurkan haknya pada hari H nanti. Oleh karena itu, rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2019, menjadi salah satu elemen yang harus disiapkan jauh – jauh hari. Karena data ini yang menjadi patokan caleg maupun parpol, untuk meraih suara pada pemilu mendatang.

Usai rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT hasil perbaikan (DPTHP-2) pada Selasa sore (13/11) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, ketua KPUD Kalsel Edy Ariansyah mengatakan, ada penambahan sebanyak 142.059 pemilih pada DPT Kalsel untuk pemilu tahun depan.
“Penambahan ini menjadikan DPT Kalsel berjumlah sebanyak 2.879.401 pemilih, dengan 1.442.040 merupakan pemilih laki – laki, dan 1.437.361 pemilih perempuan,” jelasnya.
Selain jumlah pemilih, menurut Edy, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) juga bertambah pada DPTHP-2, yang ditetapkan pada Selasa (13/11) tersebut. Penambahannya sebanyak 50 TPS, sehingga total jumlah TPS yang tersebar di 2.008 desa dan kelurahan di Kalsel, adalah sebanyak 13.127 buah.
“Penambahan terbanyak di kota Banjarbaru 19 TPS, disusul Banjarmasin dengan 9 TPS dan Tabalong dengan 6 TPS. Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, hanya 3 kabupaten yang tidak mengalami perubahan pada jumlah TPS. Yakni Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Balangan,” tambahnya.

Rapat pleno terbuka yang digelar KPUD Kalsel untuk menetapkan DPTHP-2, dihadiri seluruh KPUD kabupaten/kota di Kalsel, serta Bawaslu. Turut hadir pula perwakilan 16 parpol peserta pemilu 2019, dan sejumlah calon anggota DPD RI. Seluruh undangan yang berhadir mendapatkan salinan hasil rapat pleno terbuka, sehingga dapat menjadi data valid bagi seluruh peserta pemilu 2019 mendatang. (RIW/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.