15 Juni 2021

Sekwan Kalsel Akan Contoh Sekwan Jatim

2 min read

(ki-ka) Serah terima cinderamata antara Kabag TU Sekretariat DPRD Kalsel, Riduansyah dan Kabag TU Sekretariat DPRD Jatim, Imam Cholil di Surabaya, Kamis (8/11).

SURABAYA – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diharapkan mencontoh Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur. Harapan itu disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan Sekretariat DPRD Kalsel, Riduansyah kepada wartawan di kota Surabaya Jawa Timur, Kamis (8/11). Menurutnya, dari pertemuan tersebut, pembahasan lebih menekankan kepada pelaksanaan kegiatan pemberitaan dan kesekretariatan. Meskipun ada perbedaan karena tipologi DPRD Provinsi Jawa Timur termasuk tipe A, sedangkan untuk DPRD Provinsi Kalsel termasuk tipe C dimana ada tiga kabag dan dua sub bagian. Sehingga struktur organisasi di Sekwan cukup padat. Namun pihaknya berupaya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Ada beberapa hal yang diperoleh dari studi komparasi tersebut, diantaranya perekrutan jasa keamanan dan pengadaan baju untuk anggota dewan,” katanya.

Sementara, Kepala Bagian Umum Sekwan Provinsi Jawa Timur, Imam Cholil mengharapkan pertemuan tersebut dapat menguatkan sinergutas di masing-masing instansi, khususnya dalam hal pemberitaan dan kehumasan. Terkait pemberitaan, Imam menjelaskan bahwa mayoritas berita yang disampaikan adalah hal-hal yang positif tanpa mengurangi kekritisan insan media dan kebenaran berita yang dipublikasikan.

“Apalagi berita positif lebih diperlukan oleh masyarakat dibandingkan berita-berita negatif yang justru akan mengurangi tingkat kepercayaan terhadap lembaga legislatif,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Pokja Wartawan DPRD Jawa Timur, Rico yang berupaya untuk menyatukan anggotanya yang berasal dari berbagai media dengan cara diskusi santai setiap hari. Langkah ini dinilai lebih efektif tidak hanya bagi pemberitaan di tingkat legislatif. Namun juga meningkatkan kesolidan dan hubungan baik antar anggota. Bahkan mereka saling melengkapi terutama jika ada salah satu yang berhalangan dalam peliputan.

Studi komparasi pihak Sekretariat DPRD Kalsel yang dipimpin oleh Kabag TU Protokol dan Kehumasan, Riduansyah dengan didampingi oleh 14 wartawan yang tergabung dalam pressroom dewan diterima oleh Kabag Umum Sekwan Provinsi Jawa Timur, Imam Cholil dan jajarannya serta sejumlah anggota persroom DPRD Jatim. (NRH/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.