18 Juni 2021

12,5 Miliar Untuk Rumah Juang 9 November

1 min read

Rumah juang 9 Nopember di kawasan D.I Panjaitan ditawarkan 12,5 miliar rupiah kepada Pemerintah Kota Banjarmasin.

BANJARMASIN – Rumah juang peninggalan pejuang Muhammad Amin Effendi salah satu pejuang yang tergabung dalam pergerakan divisi IV ALRI dalam peristiwa 9 November 1945 ditawarkan para ahli waris, untuk dibeli oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Hal ini disampaikan, salah satu ahli waris rumah juang 9 Nopember Zef Haniah, kepada sejumlah wartawan, Jumat (9/11).
“Berdasarkan kesepakatan ahli waris berkeinginan untuk menawarkan dan menjual kepada Pemerintah Kota Banjarmasin,”ucap Zef Haniah.

Alasan dijual kepada Pemerintah Kota Banjarmasin, lanjutnya, agar isi bangunan dan bentuk dari bangunan tersebut tetap utuh untuk dijadikan sebagai museum perjuangan.

Sedangkan harga yang ditawarkan, Bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 1.300 Meter persegi tersebut, dengan nilai 12.5 miliar rupiah untuk harga dari tanah beserta bangunannya.

Zef Haniah mengatakan, harga yang ditawarkan tersebut, sudah berdasarkan harga yang berlaku di pasaran saat ini. Yaitu, 12.5 juta rupiah per meternya. Bahkan, ada yang menjual diharga berkisar 15 juta rupiah permeternya.
“Kami Pemerintah Kota Banjarmasin bisa membeli rumah juang tersebut,” ujar Ibnu.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, Pemerintah Kota Banjarmasin memang memiliki keinginan untuk membeli rumah juang tersebut.
“Untuk pembelian rumah juang tersebut, akan dibicarakan lebih lanjut kepada ahli waris,” ucap Ibnu. (SRI/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.