5 Maret 2021

Bahasa Isyarat Hadir Di Peringatan Sumpah Pemuda

2 min read

Suasana upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di SLB Negeri Pembina Provinsi Kalsel.

BANJARMASIN – Inovasi dalam penyelenggaraan peringatan upacara bendera dilakukan oleh SLB Negeri Pembina Provinsi Kalsel. Inovasi upacara bendera tersebut terlihat pada peringatan Sumpah Pemuda, dimana pada upacara bendera peringatan Sumpah Pemuda tersebut, menghadirkan penerjemah bahasa isyarat, yang bertujuan agar para peserta upacara mengerti apa yang disampaikan pada peringatan upacara tersebut.

“Ini baru pertamakalinya pelaksanaan upacara bendera menghadirkan penerjemah bahasa isyarat,” ujar Wakasek Kurikulum SLB Negeri Pembina Provinsi Kalsel Ratna Juwita Rini, kepada sejumlah wartawan, Senin (29/10).

Ratna mengatakan, tujuan dihadirkannya penerjemah bahasa isyarat ini, agar anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) yang mengikuti upacara mengerti apa yang disampaikan, pada saat upacara tersebut.

“Kehadiran penerjemah bahasa isyarat ini, nantinya akan ada pada setiap pelaksanaan upacara bendera yang kami laksanakan,” tutur Ratna lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, Ratna juga menyampaikan, anak-anak dengan kebutuhan khusus ini, juga diajarkan agar mengerti perjuangan pemuda tempo dulu, dalam menyantukan bangsa Indonesia ini. Oleh karena itulah, kehadiran penerjemah bahasa isyarat perlu dihadirkan pada peringatan upacara Hari Sumpah Pemuda di SLB Negeri Pembina Provinsi Kalsel.

“Kami menyampaikan kepada anak-anak kebutuhan khusus, dengan bahasa yang sederhana, agar mereka memahami makna dari peringatan hari Sumpah Pemuda tersebut,” ucap Ratna.

Sementara itu, Kepala Sekolah SLB Negeri Pembina Provinsi Kalsel Rosita Sari mengatakan, anak-anak kebutuhan khusus di SLB Negeri Pembina ini, memerlukan suatu tindakan nyata. Agar mereka lebih mengerti apa itu hari peringatan sumpah pemuda.

“Karena itulah, kami menggelar peringatan hari Sumpah Pemuda dilingkungan sekolah ini,” ujar Rosita.

Rosita juga memuji para petugas upacara yang telah berhasil, menampilkan pelaksanaan upacara bendera peringatan Sumpah Pemuda ini, dihadapan ratusan anak-anak kebutuhan khusus.

“Semoga anak-anak kebutuhan khusus ini, bisa mengerti apa itu hari Sumpah Pemuda,” ucap Rosita.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ini, diikuti oleh seluruh murid SLB Pembina Provinsi Kalsel, serta yang menjadi petugas upacara dari para guru setempat. (SRI/FHF/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.