30 Juli 2021

Lagi, Kalsel Kirim Bantuan Untuk Korban Gempa Dan Tsunami Sulteng

2 min read

Gubernur Kalsel (empat dari kiri) didampingi danrem 101/Antasari Banjarmasin (tiga dari kiri) dan kapolda Kalsel (dua dari kiri) dengan latar belakang peti kemas bantuan untuk Sulteng di kawasan terminal peti kemas pelabuhan Trisakti pada Jum'at (26/10).

BANJARMASIN – Sejak pagi sejumlah prajurit terlihat berseliweran di areal terminal peti kemas kawasan pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Jum’at (26/10). Keberadaan mereka di areal terbatas pelabuhan tersebut, bukan tanpa alasan. Karena pada hari itu, Korem 101/Antasari Banjarmasin, bersama pemerintah provinsi Kalimantan Selatan kembali mengirimkan bantuan kepada korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah, dengan memakai jalur laut. Kali ini menggunakan jasa mother vessel (MV) Meratus Ambon, milik PT Meratus Lines. Pemberangkatan MV Meratua Ambon yang membawa barang bantuan dari Kalimantan Selatan tersebut, dilakukan langsung oleh gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor didampingi danrem 10/Antasari Banjarmasin, dan kapolda Kalsel Yazid Fanani. Disaksikan para tamu dan undangan, diantaranya Danlanal Banjarmasin, sekretaris daerah kota Banjarmaain Hamli Kursani, serta mapolresta Banjarmasin.

Dalam sambutannya, gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, ini adalah yang kesekian kalinya Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan untuk para saudaranya di Sulawesi Tengah, yang menjadi korban bencana gempa bumi dan tsunami.
“Pemberian bantuan ini membuktikan bahwa sikap gotong royong, masih dimiliki masyarakat Kalimantan Selatan. Yakni diwujudkan melalui kepedulian memberikan bantuan, baik berupa uang atau barang, bagi korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Apalagi Sulawesi Tengah merupakan saudara sebangsa dan senegara,” jelas gubernur yang biasa disapa Paman Birin tersebut.
Lebih lanjut kepada wartawan Paman Birin mengatakan, akan ada lagi penggalangan dana untuk membantu korban bencana di Sulawesi Tengah. Mengingat kehidupan para korban bencana tersebut, masih sangat tergantung pada bantuan yang diberikan oleh sesama anak bangsa.
Hal senada disampaikan danrem 101/Antasari Banjarmasij Syaiful Rahman, terkait penggalangan dana lanjutan untuk membantu Sulawesi Tengah.
“Saat ini memang bantuan yang diterima para korban, masih menumpuk dan mencukupi keperluan para korban atau pengungsi. Namun untuk sebulan kemudian, belum ada jaminan tersebut. Karena itu, kita sangat memperhatikan momen tepat untuk kembali menyalurkan bantuan. Karenanya kami sudah melakukan koordinasi dengan Paman Birin, serta pihak terkait lainnya, soal bantuan lanjutan itu,” tambahnya.
Masih menurut Syaiful, pengiriman bantuan yang dilakukan pada Jum’at (26/10) melalui terminal peti kemas pelabuhan Trisakti Banjarmasin, adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Korem 101/Antasari Banjarmasin dan juga pemerintah provinsi Kalimantan Selatan.
“Pertama kali bantuan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules, kemudian selanjutnya menggunakan KRI Surabaya 591 pada peringatan HUT TNI 5 Oktober lalu, serta yang ketiga pada hari ini menggunakan KM Meratus Ambon,” tutupnya.

Tercatat ada 146 ton atau setara dengan 16 unit peti kemas bantuan, yang dikirimkan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, dan Korem 101/Antasari Banjarmasin menggunakan KM Meratus Ambon. Bantuan itu merupakan hasil dari penggalangan dana selama dua pekan terakhir, di kalangan Kodim seluruh Kalsel serta dari unsur masyarakat. Termasuk bantuan dari pemerintah provinsi Kalimantan Selatan sebesar 630 juta rupiah, yang didapat melalui kegiatan lelang kue pada syukuran peringatan HUT TNI 5 Oktober lalu. Seluruh bantuan tersebut, diperkirakan tiba di Palu pada 4 November mendatang, dengan transit melalui Surabaya. Dimana dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, bantuan dibawa menggunakan KM Meratus Palembang pada 1 November 2018. (RIW/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?