13 April 2021

Khutbah Jumat Akan Himbau Pentingnya Imunisasi MR

2 min read

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Lukman Hakim saat menyampaikan, rencana Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mendukung imunisasi MR.

BANJARMASIN – Dalam rangka turut serta mensukseskan pelaksanaan imunisasi campak dan rubella (MR) di Kota Banjarmasin. Maka, pada Jumat (26/10) pada 136 Masjid di 5 Kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin serentak akan membacakan khotbah Jum’at bertajuk pentingnya Imunisasi MR untuk kesehatan buah hati dimasa depan.
“Kami dari dinas kesehatan bersama MUI Kota Banjarmasin sudah melangsungkan pembicaraan mengenai khotbah imunisasi MR tersebut.pada tanggal 22 Oktober lalu,”ujar Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Lukman Hakim, kepada sejumlah wartawan, Kamis (25/10).

Menurut Lukman, pihaknya telah membicarakan dan minta kerjasama akhirnya disetujui oleh MUI kota Banjarmasin untuk himbauan kepada Khatib membacakan khutbah bertajuk pentingnya imunisasi MR ini.

“Setidaknya, ada 136 lembar teks khutbah yang disiapkan untuk disampaikan saat khutbah tersebut berlangsung, yang sudah ditandatangani oleh walikota Banjarmasin dan rencananya akan disebar serentak oleh Dinas Kesehatan kepada para pengurus masjid,”tutur Lukman lebih lanjut.

Lukman berharap, dengan adanya pelaksanaan khutbah serentak tersebut, maka capaian imunisasi ini akan tercapai secara maksimal.

“Sebelum capaian imunisasi MR di Kota Banjarmasin hanya berkisar 39 persen saja. Namun, pada saat pertambahan waktu pelaksanaan imunisasi ini, terjadi pertambahan cakupan imunisasi di kota ini, menjadi 43 persen, kami berharap hingga akhir bulan ini, bisa mencapai 95 persen,” ucap Lukman.

Lukman optimis target tersebut bisa tercapai. Karena pada imunisasi kedua ini, pihaknya melibatkan semua pihak terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Lukman juga menyampaikan, dalam mensukseskan pelaksanaan imunisasi MR di Kota Banjarmasin di akhir pelaksanaan, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mengajak lurah, camat, serta Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.
“Dengan mengajak Lurah, Camat, serta Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, lebih mendekatkan pihaknya dengan masyarakat agar mereka memahami bahwa pentingnya peranan imunisasi MR, untuk pencegahan penyakit berbahaya bagi anak-anak berusia 9 bulan sampai kurang 15 tahun,” ujar Lukman lebih lanjut(SRI/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.