18 Juni 2021

HPS 2018, Kalsel Sangat Sangat Luar Biasa !!!

2 min read

Dirjen PSP Kementan dan Gubernur Kalsel bersama seluruh panitia HPS tahun 2018 berfoto bersama usai acara penutupan pada Minggu (21/10).

BANJARBARU – Gemuruh tepuk tangan seketika membahana di kawasan komplek perkantoran pemprov Kalimantan Selatan di Banjarbaru pada Minggu pagi (21/10), saat Dirjen Prasarana dan Sarana Kementrian Pertanian Pending Dadih Permana, memberikan pujian kepada Kalimantan Selatan, yang telah berhasil menjadi tuan rumah peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018. Pending menyebut, provinsi tertua di pulau Kalimantan ini akan tercatat dalam sejarah pertanian di Nusantara, sebagai salah satu penyelenggara HPS terbaik dan termewah sepanjang sejarah.
“Kalau boleh saya katakan satu kata untuk Kalimantan Selatan, yaitu Kalsel Luar Biasa. Kalau boleh ditambah satu kata, Kalsel sangat luar biasa. Kalau boleh ditambahkan satu kata lagi, maka Kalsel sangat – sangat luar biasa,” ucapnya disambut tepuk tangan para tamu dan undangan.

Menurut Pending, kesuksesan ini juga tidak lepas dari peran Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang terlibat langsung sejak awal persiapan hingga akhir penutupan HPS. Ia menceritakan bagaimana Paman Birin (sapaan akrabnya) selalu ada dan berkoordinasi dengan pihaknya di kementerian pertanian.
“Waktu saya datang Paman Birin selalu ada, dan bahkan menunggu kedatangan kami yang terlambat. Kemudian pada waktu lainnya, saya datang terlambat ke Jejangkit, ternyata gubernur sudah berlumpur – lumpur. Saya jadi malu sendiri. Bahkan beliau juga tidak segan turun tangan langsung memadamkan api di kawasan Jejangkit sampai malam,” jelasnya.
Pending mengakui keteladanan yang luar biasa dari seorang Paman Birin lah, salah satunya yang mampu menggerakkan semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi, dalam menanam padi di lahan HPS seluas 4.000 ha di desa Jejangkit Muara Barito Kuala.

Sementara itu, dalam sambutannya saat menutup secara resmi HPS ke-38 di Banjarbaru pada Minggu (21/10), Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengucapkan rasa terima kasih mendalam kepada Presiden Joko Widodo, khususnya kementrian pertanian, yang sudah mempercayakan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah HPS ke-38 tahun ini. Karena secara tidak langsung, menjadi ajang pembuktian bagi Kalimantan Selatan untuk menjadi lumbung pangan nasional.
“Saya mau tanya pak dirjen, Sulawesi Selatan maju dalam sektor pertaniannya kan. Sumatera Selatan juga begitu, walau masih dibayangi kebakaran hutan dan lahan. Begitu juga Kalimantan Selatan, akan menjadi lumbung pangan nasional. Jika tiga ayam jantan dari Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan sama – sama bersuara, maka tidak hanya lumbung pangan nasional, bahkan target lumbung pangan dunia pada tahun 2045 juga bukan sesuatu yang mustahil,” ujar gubernur yang diamini dirjen prasarana dan sarana kementrian pertanian, serta tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara HPS ke-38 tahun 2018 di Kalimantan Selatan, diisi dengan sejumlah kegiatan bertema pangan. Diantaranya panen raya di lahan rawa lebak Jejangkit Muara sekaligus pembukaan oleh menko perekonomian Darmin Nasution, kemudian pemecahan rekor MURI ibu hamil terbanyak makan bersama pada kegiatan Isi Piringku di hari yang sama, dan berlanjut lomba makan telur dan minum susu bagi siswa sekolah dasar hingga SMA pada hari berikutnya. Tak ketinggalan, pameran produk dan teknologi pertanian sejak 18 hingga 21 Oktober 2018, di kawasan komplek perkantoran pemerintah provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. (RIW/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.