8 Maret 2021

Paman Birin Tanam Pohon Bersama Duta Besar

2 min read

Paman Birin saat melakukan penanaman bibit pohon ulin di Kawasan pusat perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan

KALIMANTAN SELATAN – Untuk menyambut Hari Pangan Sedunia ke 38 tahun 2018, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kehutanan menggelar penanaman pohon bersama negara-negara sahabat,  Rabu, (17/10)  pagi di Pusat Perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan penanaman pohon ini sebagai bagian pembentukan Kebun Raya Banua dan juga sekaligus untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Di acara ini Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam sambutan menyampaikan kegiatan ini dalam rangka mengurangi laju degradasi hutan dan lahan sehingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menerapkan program unggulan berupa gerakan Revolusi Hijau, gerakan ini bertujuan untuk menggerakan semua komponen rakyat agar peduli akan lingkungan melalui kegiatan menanam.

Selain itu gerakan Revolusi Hijau juga mendapat dukungan oleh semua komponen masyarakat di Kalimantan Selatan dan juga didukung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dengan menerbitkan Peraturan daerah No. 7 tahun 2017 tentang Revolusi Hijau.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin  juga menjelaskan, untuk mendukung gerakan Revolusi Hijau ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah  membangun miniatur hutan hujan tropik di kawasan perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan, ini sebagai bentuk upaya untuk memelihara hutan tropik dan sekaligus untuk memperbaiki kondisi paru-paru dunia yang sudah mulai rusak.

“Miniatur hujan tropik di bangun pada lahan seluas 90 hektar dengan jenis pohon ulin dan juga pohon meranti serta jenis pohon hutan tropik lainnya, dan ini akan terus dilakukan sehingga minatur ini akan menggambarkan akan hutan tropik yang seutuhnya”,jelas Paman Birin.

Gubernur juga mengatakan dirinya merasa bangga kegiatan penanaman ini dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat. Menurut Paman Birin, pohon-pohon yang ditanam ini tentunya akan dirawat dengan baik dan menjadi tanggung jawab semua pihak. Dengan dihadiri oleh para Duta Besar Negara Sahabat, diharapkan pohon-pohon tersebut menjadi anak-anak asuh bagi mereka sehingga juga menjadi perhatian khusus oleh para duta tersebut.

“Dari 140 pohon jenis ulin maupun meranti yang di tanam di harapkan akan tumbuh subur dan bermanfaat bagi masyarakat “,harapnya.

Disinggung terkait dengan kesiapan puncak acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke 38 yang di gelar di Desa Jejangkit pada kamis ini,  Sahbirin Noor mengatakan semuanya sangat siap tinggal pelaksanaan pada hari H-nya saja. (AF/FHF/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.