12 April 2021

Darmin Nasution Gantikan RI 1, Peringati HPS 2018 Di Jejangkit

2 min read

Panen perdana di lahan rawa lebak Jejangkit Muara Barito Kuala pada Kamis (18/10) .

BARITO KUALA – Sejak pagi ribuan orang sudah berkumpul di venue desa Jejangkit Muara Barito Kuala, tempat berlangsungnya peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018. Meski harus berjalan kaki ke tempat berlangsungnya acara, sejauh hampir 3 kilometer dari titik parkir yang ditentukan panitia, namun para tamu dan undangan tetap antusias melakukannya. Mengingat peringatan HPS ke-38 di desa Jejangkit Muara ini, menjadi sorotan dunia dengan datangnya sejumlah duta besar dan diplomat senior negara asing, serta perwakilan lembaga PBB Food and Agriculture Organization (FAO) untuk Indonesia. Alasan lainnya adalah, karena dijadwalkan presiden Joko Widodo akan berhadir, dan melakukan panen perdana padi lahan rawa lebak. Namun hingga pukul 10.00 WITA, orang yang diharapkan tak kunjung tiba, dan dipastikan RI 1 batal datang, kemudian kehadirannya digantikan oleh menko perekonomian Darmin Nasution.

Dalam sambutan selamat datangnya, gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor tidak menunjukkan sedikit pun rasa kecewa, atas ketidakhadiran orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut. Paman Birin (sapaan khas gubernur) justru mengucapkan terima kasih, atas perhatian dari pemerintah pusat, khususnya kementrian pertanian. Begitu jua kepada para tamu dan undangan yang sudah bersedia hadir pada hari itu Kamis (18/10).
“Saya tahu, tempat kita melangsungkan kegiatan hari ini lokasinya terbilang jauh. Tapi saya sangat berterima kasih kepada semua tamu dan undangan, yang sudah hadir di tempat ini. Terutama para tamu diplomatic tour, yang berasal dari sejumlah negara sahabat. Sekali lagi saya ucapkan ribuan terima kasih,” ucapnya.
Paman Birin menambahkan, peringatan HPS ke-38 di desa Jejangkit Muara Barito Kuala, yang ditandai dengan pembukaan lahan rawa tidur seluas 4.000 ha, membuktikan bahwa tidak ada rencana besar yang tidak dapat dicapai, jika semua orang mau bergotong royong melakukannya.
“Seandainya para pahlawan dapat melihat apa yang kita lakukan di Jejangkit ini, maka mereka pasti akan bangga dan tidak menyesal telah mengorbankan jiwa dan raganya, demi kemerdekaan,” kata Paman Birin dengan berapi – api di atas panggung utama HPS.
Setelah rangkaian sambutan disampaikan beberapa pihak, termasuk menteri pertanian Andi Amran Sulaiman, dan menko perekonomian Darmin Nasution, maka tibalah waktunya prosesi panen perdana di lahan pertanian rawa lebak. Dimana Darmin Nasution didaulat sebagai orang pertama yang melakukan panen raya, diikuti menteri pertanian, gubernur Kalimantan Selatan dan sejumlah tamu kehormatan lainnya.

Sementara itu, kabar duka menyelimuti rombongan tamu dari kabupaten Merauke Papua. Salah seorang anggota rombongannya, yakni Merze Adrian Tadeus Mahuze Kabid Ketahanan Pangan,Perikanan dan Kesehatan Pangan Kabupaten Merauke, menghembuskan nafas terakhir. Almarhum diduga mengalami dehidrasi, karena kondisi cuaca panas di Jejangkit Muara pada saat acara HPS berkahit. Belum lagi, seluruh tamu kembali harus berjalan kaki dari venue ke titik parkir, dalam kondisi cuaca terik. (RIW/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.