23 Juni 2021

Kabupaten Banjar Gelar Pelatihan Untuk Guru

2 min read

Bupati Banjar Khalillurahman saat membuka Validasi dan sosialisasi sertifikasi Guru Se-Kabupaten Banjar Tahun 2018

BANJAR – Sebanyak 313 guru yang mengikuti validasi sertifikasi dan sosialisasi sertifikasi guru di Kabupaten Banjar, di salah satu hotel di Banjarbaru, Rabu (10/10). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar dengan tujuan meningkatkan kompetensi kepribadaian, sosial, dan profesional guru, sehingga memiliki performa sebagai pendidik maupun pemimpin bagi peserta didik.

Validasi dan sosialisasi sertifikasi diikuti 313 guru yang terdiri dari 28 orang guru Paud, 210 guru SD, dan 75 guru SMP se-Kabupaten Banjar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar H Gusti Ruspan Noor SE MM, kegiatan ini ditujukan untuk menuntun para guru sehingga bisa melek teknologi, sehingga dapat mengikuti perubahan yang menuntut kualitas pendidikan secara umum dan kualitas pendidikan guru secara khusus. Sebagai wujud nyata program Pemkab Banjar merealisasikan visi dan misi Bupati Banjar di bidang pendidikan. Kompetensi guru dalam jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan harus memenuhi kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial dan profesional.

“Kegiatan ini tidak lain untuk menghasilkan guru-guru di Kabupten Banjar yang profesional, mampu mengakses internet. Sehingga informasi yang berkenaan dengan dunia pendidikan bisa dilihat melalui internet, jadi diharapkan melalui kegiatan ini dapat meng-upgrade kemampuan guru menjadi guru yang professional,” ujar Ruspan.

Berdasarkan pasal 3 ayat 1 Kemendiknas Nomor 8 tahun 2009 menyatakan Program Profesi Guru (PPG) dilaksanakan perguruan tinggi yang memiliki tenaga pendidikan, memenuhi persyaratan dan ditetapkan kementrian.

Sebelumnya, Ruspan menambahkan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, pada tahun 2016  hanya 13 orang guru yang lulus mengikuti kompetensi. Kemudian di tahun 2017 menjadi 200 guru yang lulus PPG setelah mengikuti kegiatan ini.

Sementara itu Bupati Banjar Khalilurrahman yang sekaligus membuka kegiatan ini sangat mengapresiasi terselenggaranya validasi dan sosialisasi sertifikasi ini, Menurut Bupati Guru profesional adalah guru yang memiliki komponen tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan. Guru profesional senantiasa menguasai bahan atau materi membelajaran yang akan di ajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan.

“Dengan validasi maupun sertifikasi ini saya berharap akan melahirkan seorang guru yang profesional dan hasil tersebut tentunya dapat mensejahterakan guru itu sendiri,” harap Bupati. (AF/FHF/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.