BanjarmasinNews

Tidak Ada Kata Gagal Dalam Lelang Barang Dan Jasa Pemerintahan

BANJARMASIN – Banyaknya proyek yang gagal lelang di daerah, membuat Pemerintah Pusat membuat Peraturan Presiden No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Agar tidak adalagi pekerjaan yang gagal lelang.
“Dengan adanya Peraturan Presiden RI No 16 Tahun 2018 tentang barang dan jasa Pemerintah, maka diharapkan tidak adalagi istilah gagal lelang. Mengingat, dalam aturan tersebut peserta lelang tidak disyaratkan minimal tiga peserta baru, proses lelang dilaksanakan,” jelas Kasi Jasa Konsultasi LKPP Imam Arumsyah, kepada sejumlah wartawan, Rabu (10/10).

Menurut Imam, saat ini lelang boleh dilaksanakan dengan jumlah peserta dua bahkan satu asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah.
“Hal ini diperbolehkan, untuk mengantisifasi adanya gagal lelang kembali,” ucap Imam.

Menurut Imam, saat ini Pemerintah Pusat berusaha untuk lebih meringankan, persyaratan lelang dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, agar semua rekanan bisa ikut dalam lelang tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setdako Banjarmasin Zuraida mengatakan, sosialisasi ini digelar dalam rangka pemberikan pemahaman mengenai Peraturan Presiden RI No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, kepada pihak-pihak terkait seperti kontraktor, dan SKPD dilingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.
“Sosialisasi ini merupakan peraturan baru dalam pengadaan barang dan jasa. Mengingat, pengadaan barang dan jasa ini, merupakan titik awal dari pembangunan,” tutur Zuraida lebih lanjut.

Menurut Zuraida, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan, seluruh SKPD dilingkup Pemerintah Kota Banjarmasin mengerti dan memahami dengan Peraturan Presiden RI No 16 Tahun 2018 tersebut.

“Pada peraturan presiden ini ada beberapa aturan baru dalam pengadaan barang dan jasa. Yang perlu diketahui oleh semua pihak terkait lainnya, apabila semua mengerti. Maka pekerjaan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkas Zuraida. (SRI/FHF/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat