18 Juni 2021

Setelah KRI Surabaya 591, Pemprov Kalsel Kirimkan Bantuan Memakai KN Kunyit

2 min read

Para Petugas Dari Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin Sedang Memuat Barang Bantuan Ke KN Kunyit Pada Rabu (10/10).

BANJARMASIN – Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan kembali mengirimkan bantuan barang, bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah, pada Rabu (10/10). Jika pada Jum’at (5/10) lalu, pemprov dan masyarakat Kalimantan Selatan menitipkan pengiriman bantuan melalui KRI Surabaya 591 milik TNI Angkatan Laut, maka pada pengiriman kali ini, menggunakan Kapal Negara (KN) Kunyit milik distrik navigasi kelas II Banjarmasin. Pemberangkatan secara resmi KN Kunyit, dilakukan oleh asisten 2 bidang ekonomi dan pembangunan pemprov Kalimantan Selatan Hermansyah Manap, mewakili gubernur Sahbirin Noor, di pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kepada wartawan, kepala distrik navigasi kelas II Banjarmasin Abdul Kasim Tualeka menjelaskan, bantuan barang yang dibawa KN Kunyit, tidak hanya berasal dari masyarakat, pengusaha maupun pemerintah provinsi Kalimantan Selatan saja. Tetapi juga dari masyarakat dan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah.
“Total ada 14.000 item barang, yang semuanya tersebar di seluruh penjuru kapal ini. Bahkan hingga ke dalam ruangan makan. Terdiri dari pakaian layak pakai, makanan instan, susu, beras, serta 1.000 galon air mineral,” jelas pria yang biasa disapa Kasim tersebut.
Kasim menambahkan, bantuan juga datang dari masyarakat yang langsung datang ke posko dikantornya kawasan Trisakti Banjarmasin, yang sudah dibuka sejak 3 Oktober lalu. Posko tersebut resmi ditutup pada Selasa (9/10).
“Kami terpaksa menyetop semua bantuan yang masuk, mengingat kapasitas kapal yang sudah overloaded. Kami berharap masyarakat dapat memakluminya,” ujarnya.
Lebih lanjut Kasim mengatakan, bantuan yang dibawa KN Kunyit, akan tiba di Donggala pada Kamis siang (11/10). Karena memang bantuan yang diangkut KN Kunyit, dioptimalkan untuk daerah Donggala.

Sementara itu menurut kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan Wahyudin, untuk pengiriman yang kedua kalinya ini, pemerintah provinsi menyumbang sebanyak 4 truk barang. Diantaranya berisi pakaian layak pakai, perlengkapan bayi dan makanan instan.
“Seluruhnya berasal dari sumbangan masyarakat yang masuk melalui posko di kantor BPBD, dan juga dari lingkup SKPD,” jelasnya.
Hingga saat ini, menurut Wahyudin, pihaknya masih membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menyumbangkan bantuan barangnya melalui posko BPBD.
“Nanti pengirimannya akan dititipkan melalui pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara, yang rutin datang setiap bulan. Selain itu, dapat juga dititipkan pada kapal lainnya, yang akan segera datang ke Kalimantan Selatan,” tutupnya. (RIW/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.