13 April 2021

2019 Anak Yang Ikut Paud Harus Satu Tahun Pra SD

2 min read

Suasana Rapat Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD.

BANJARMASIN – Dalam rangka mematangkan usia anak saat memasuki atau menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD), maka Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin tahun depan akan menerapkan aturan, anak diwajibkan untuk memasuki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) minimal 1 tahun. Sebelum memasuki pendidikan Sekolah Dasar.

Aturan ini terungkap, pada Rapat Koordinasi Penuntasan Ikut PAUD minimal satu tahun pra SD, digelar di aula Kayuh Baimbai, Selasa (9/10).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto menyampaikan, rapat ini terselenggara atas kerja sama antara Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kemdikbud dengan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dan TP PKK Kota Banjarmasin.
“Rapat ini digelar dalam rangka persiapan berjalannya program ikut PAUD mininal satu tahun pra SD yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang,” ujar Totok.

Totok mengatakan, program ikut PAUD minimal satu tahun pra SD ini, untuk mematangkan usia anak ketika memasuki usia Sekolah Dasar mendatang.

“Saat ini syarat usia masuk Sekolah Dasar 7 tahun, oleh karena itu apabila anak masuk ke sekolah TK berusia 6 tahun, maka pada saat masuk Sekolah Dasar usianya anak tersebut genap 7 tahun,” jelas Totok lebih lanjut.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Edy Junaidi menyampaikan, jika sebelumnya pendidikan dasar hanya untuk SD, tetapi saat ini Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah masuk ke dalam pendidikan dasar. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap pendidikan PAUD saat ini.
“PAUD memiliki 4 program pendidikan yaitu, pendidikan TK, pendidikan Kelompok Bermain, pendidikan Taman Penitipan Anak, serta pendidikan anak bekerjasama dengan posyandu,” ujar Edy lebih lanjut.

Edy mengatakan, untuk usia anak yang bisa masuk sekolah atau menempuh pendidikan PAUD, pada usia 0 sampai 6 tahun.
“Anak usia 0 sampai 6 tahun, sudah bisa memasuki pendidikan usia dini,” ujar Edy.

Rapat Rapat Koordinasi Penuntasan Ikut PAUD minimal satu tahun pra SD, menghadirkan narasumber Kasi Program Direktorat Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Khairullah. (SRI/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.