23 Juni 2021

160 Juta Rupiah Untuk Nelayan Bakambat

1 min read

Bupati Banjar Khalilurrahman di dampingi sekda Banjar Nasrunsyah dan Plt Kepala Dinas Perikan Kelautan Kabupaten Banjar Dondit Bekti saat menyerahkan dana asuransi dari jasindo kepada istri Nelayan Desa Bakbat yang meninggal dunia.

BANJAR – Ahli Waris Nelayan di Desa Bakambat Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar mendapatkan Dana sebesar Rp160 juta dari Ansuransi Jasindo yang di berikan melalui Pemerintah Kabupaten Banjar usai gelaran apel gabungan di di halaman kantor Pemkab Banjar, Senin (8/10) pagi.

Dana Ansurasi tersebut diserahkan langsung Bupati Banjar Khalilurrahman secara simbolis kepada ahli waris atau istri nelayan atas nama Syahwani yang sudah tercatat sebagai peserta ansuransi Jasindo yang telah meninggal dunia.

“Dengan diberikannya dana ansuransi tersebut, ahli waris bisa mempergunakannya sebaik mungkin,” ujar Bupati Banjar yang akrab disapa Guru Khalil ini.

Sementara ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Banjar Dondit Bekti menerangkan, program ansuransi nelayan tersebut sudah berjalan selama 2 tahun ini di Kabupaten Banjar.

“Dan untuk premi asuransi yang di kenakan bagi nelayan yang mengikuti program ini pertahunnya hanya Rp175 dan ini sudah disubsidi Pemerintah sekitar 60 %, kalau tidak disubsidi biaya preminya sekitar 300 ribu lebih ” jelasnya.

Namun, program ansuransi tersebut lanjut Dondit menyayangkan, untuk jumlah nelayan yang mengikuti masih terbilang rendah yakni, dari 640 nelayan yang terdiri dari nelayan Desa Bakambat dan Beruntung Baru, hanya sebanyak 222 nelayan yang sudah terdaftar di ansuransi Jasindo tersebut.

“Karena ansuransi ini penting bagi nelayan dan ini juga merupakan Program Nasional, harusnya semua nelayan mengikuti dan jadi peserta ansuransi ini, memang terkadang sebagian nelayan menganggap premi tersebut lumayan besar walaupun sudah di subsidi, namun saya berharap nelayan mau masuk asuransi tersebut” jelas Dondit. (AF/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.