1 Maret 2021

Komisi Perlindungan Disabilitas Daerah Kalsel Segera Dibentuk

1 min read

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Zulfa Asma Vikra.

BANJARMASIN – Komisi Perlindungan Disabilitas Daerah Kalimantan Selatan akan segera dibentuk. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Ditemui seusai rapat kerja bersama instansi terkait di Banjarmasin, Kamis (4/10), Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Zulfa Asma Vikra mengatakan organisasi-organisasi disabilitas di Kalsel cukup banyak, namun mereka belum mempunyai wadah yang resmi untuk memperjuangkan aspirasi mereka ke pemerintah daerah. Selain itu, Komisi Perlindungan Disabiltas Daerah ini juga akan memfasilitasi proses penyelesaian jika terjadi permasalahan yang menyangkut kaum disabilitas.
“Dalam komisi tersebut, nanti akan banyak unsur yang terlibat diantaranya organisasi-organisasi disabilitas, tokoh masyarakat, Dinas Sosial dan sebagainya. Mereka yang akan mengelola dan melaksanakan tentang program-program disabilitas di Kalsel,” katanya.
Politisi Partai Demokrat ini menambahkan Perda tentang perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas yang akan menjadi payung hukum sedang dalam proses pembahasan. Ketika nanti Perdanya sudah disahkan maka akan dibuat Peraturan Gubernur terkait pembentukan komisi perlindungan disabilitas daerah. Diharapkan dengan terbentuknya komisi tersebut maka hak-hak penyandang disabilitas bisa terpenuhi dan terlindungi di Kalsel. (NRH/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.