BanjarmasinNews

Kini Di Banjarmasin Ada Sekolah Bebas Narkoba

Kasus Narkoba Dilingkungan Sekolah Cukup Memprihatikan

BANJARMASIN – Maraknya peredaran narkoba di Kota Banjarmasin, membuat Dinas Pendidikan kota ini, melakukan pencegahan agar peredaran narkoba tidak masuk ke lingkungan sekolah yang ada di Kota Banjarmasin, khususnya dilingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Oleh karena itulah, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin melaunching kawasan sekolah bebas narkoba di SMPN 11 Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto menyampaikan, kepada sejumlah wartawan, Rabu (26/9). Di tahun 2018 ini, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin telah melaunching tiga sekolah bebas narkoba, “Yakni, SMPN 4, SMPN 8, serta SMPN 11 Banjarmasin,” ujar Totok.

Menurut Totok program sekolah bebas narkoba ini, merupakan bentuk pencegahan peredaran narkoba di dalam lingkungan sekolah. Mengingat angka kasus narkoba dilingkungan sekolah sudah cukup memprihatikan.

Totok mengatakan, berdasarkan data kasus kejadian kasus narkoba di sekolah, yang di tangani oleh guru BP pada tahun 2015 tercatat sebanyak 90 kasus, kemudian terjadi peningkatan di tahun 2016 sebanyak 126, dan di tahun 2017 kembali terjadi penurunan sebanyak 45 kasus, serta di tahun 2018 ini masih belum ditemukan.
“Dengan adanya program sekolah bebas narkoba ini, maka akan semakin menekan angka kasus peredaran narkoba dilingkungan sekolah,” ucap Totok penuh harapan.

Totok mengatakan, program ini akan melibatkan siswa sebagai agen teman sebayanya yang akan menjadi intel yang bertugas melaporkan kepada pihak sekolah.

Lebih lanjut Totok membeberkan, program sekolah bebas narkoba ini, nantinya dikuatkan dengan peraturan walikota (perwali), sehingga kedepannya semua sekolah akan masuk sebagai sekolah bebas narkoba.

Selain itu, dengan adanya perwali tersebut akan ada MoU antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan BNN Kota Banjarmasin dalam pencegahan narkoba dikalangan pelajar. Serta penanganan korban narkoba dikalangan pelajar. (SRI/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat