4 Maret 2021

Longsor Desa Dalam Pagar Kian Melebar

2 min read

Kepala Desa Dalam Pagar Masudi beserta aparat Desa lainnya sedang menunjukan bertambahnya jalan yang ambruk akibat longsor.

BANJAR – Jalan Desa Dalam Pagar Ulu RT 1, Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar yang longsor beberapa waktu yang lalu dengan nilai proyek 1,5 Miliar yang kian bertambah pasca runtuhnya pada Rabu (19/9) malam lalu yang awalnya sekitar 80 meter, kini longsornya semakin berambah menjadi sepanjang 120 meter setelah adanya ambrol susulan jalan selama 2 hari ini.

Saat ditemui Abdi Persada Fm serta awak media, Senin (24/9) Kepala Desa Dalam Pagar Ulu Mas’udi mengungkapkan telah terjadi longsor susulan pada Sabtu malam dan Minggu malam sekitar pukul 22 Wita sekitar sepanjang 40 meter, dan ini tentunya membuat khawatir warga yang bermukim di dekat lokasi jalan tersebut.
“Kini ambruknya jalan cor beton ini makin bertambah, tentunya kondisi ini sangat mengkhawatirkan mengingat masih banyak dilalui masyarakat khususnya bagi anak-anak sekolah. Dan bisa saja sewaktu-waktu terjadi longsor susulan lagi,” ujar Masudi.

Di lokasi yang sama Kaur Desa Dalam Pagar Bidang Perencanaan Pembangunan Desa Muhammad Saufi mengaharapkan adanya solusi dari instansi-instansi terkait untuk warga sekitar yang terkena dampak dari longsornya jalan cor beton yang dibangun sepajang 400 meter menggunakan anggaran dana dari APBD perubahan tahun 2017 tersebut.
“Setidaknya ada sekitar 10 buah rumah warga yang terkena dampak akibat longsor jalan ini, dan 3 buah rumah diantaranya apabila masih belum ada penanganan dari instansi terkait terpaksa harus dibongkar untuk menghindari korban jiwa,” ungkapnya.

Sebenarnya Pasca Longsornya jalan tersebut Kamis (20/9), Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kabid Bina Marga Muhammad Makmur yang di dampingi pihak pengembang Konsultan Pengawas PT Winaya, Gawit Hidayat melakukan peninjauan kelokasi longsor, Makmur pun berjanji akan segera menurunkan Tim independen untuk mengetahui dan menyelidiki terjadinya longsor tersebut.

Bupati Banjar Khalilurrahman juga sudah melakukan kunjungan untuk meninjau kondisi jalan yang rusak pada jum’at kemaren, saat itu Bupati berharap perbaikan jalan yang ambruk ini cepat dilakukan perbaikan, karena jalan itu akses masyarakat yang rumahnya berada di sepanjang bantaran sungai. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.