NewsProvinsi Kalsel

Akhirnya, Tiga Kepala Daerah Baru Dilantik Gubernur

Hanya Kepala Daerah Tabalong Yang Menunggu Masa Jabatan Pejabatnya Sekarang

BANJARMASIN – Rabu (19/9) gedung Mahligai Pancasila di kawasan jalan R Suprapto Banjarmasin dipenuhi tamu undangan berpakaian rapi. Di halaman depannya, terpasang karpet merah, yang terhubung ke kediaman resmi gubernur Kalimantan Selatan, tepat di sebelah kanan gedung Mahligai Pancasila. Bukan tanpa alasan, karpet merah terpasang menghubungkan kedua bangunan. Karpet itu menjadi semacam penunjuk jalan, bagi 3 pasangan bupati dan wakil bupati, yang hari itu dilantik oleh gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Mereka bertiga melakukan upacara pemasangan atribut bupati dan wakil bupati, di kediaman gubernur dalam satu acara tertutup. Dimana pemasangan atribut dilakukan langsung oleh Gubernur, disaksikan Wakil Gubernur Rudy Resnawan dan Sekretaris Daerah Provinsi Abdul Haris Makkie.

Usai pemasangan atribut, didampingi Gubernur Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan, ketiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati itu kemudian berjalan menuju gedung Mahligai Pancasila, untuk mengikuti prosesi pelantikan.

Karena keterbatasan gedung, maka tidak semua tamu undangan dapat masuk ke dalam. Mereka disediakan tenda di halaman gedung, dan dapat menyaksikan pelantikan dari layar televisi berukuran besar yang disediakan pihak protokol.

Dalam sambutannya, gubernur kembali mengingatkan para bupati dan wakil bupati yang baru dilantik, untuk langsung bekerja melayani masyarakat.
“Sebagai bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada, maka sudah seharusnya mengingat janji yang diberikan kepada masyarakat saat kampanye pilkada lalu. Jangan sampai masyarakat menganggap, janji itu diucapkan hanya untuk meraih kemenangan semata, karena tidak kunjung diwujudkan oleh bupati dan wakil bupati terpilih”, ujar Paman Birin (sapaan akrabnya).

Lebih lanjut dalam sambutannya, gubernur juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 3 kepala SKPD lingkup pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penjabat bupati di 3 kabupaten. Yakni Syamsir Rahman sebagai pj bupati Tapin, Dahnial Kipli pj bupati Hulu Sungai Selatan, dan Siswansyah pj bupati Tanah Laut.
“Tugas sebagai penjabat bupati bukanlah hal yang mudah. Selain harus menjaga kondusivitas di kabupaten yang dipimpinnya selama pelaksanaan pilkada, hingga dilantiknya kepala daerah definitif, mereka juga harus tetap menjalankan tugas utama sebagai kepala SKPD. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” tambah gubernur.

Tiga pasangan bupati dan wakil bupati yang dilantik pada Rabu (19/9) oleh gubernur Sahbirin Noor, adalah Muhammad Arifin Arpan – Syafrudin untuk kabupaten Tapin, Ahmad Fikri – Syamsuri Arsyad untuk kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Sukamta – Abdi Rahman untuk kabupaten Tanah Laut.

Sementara pelantikan bupati dan wakil bupati Tabalong, baru akan diselenggarakan usai selesainya masa jabatan kepala daerah saat ini.

Selain pelantikan bupati dan wakil bupati periode 2018-2023, pada saat yang sama ketua Dekranasda juga sekaligus ketua tim penggerak PKK provinsi Kalimantan Selatan Raudatul Jannah Sahbirin Noor, mengukuhkan ketua Dekranasda kabupaten Tapin, HSS dan Tanah Laut. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan ketua tim penggerak PKK tiga kabupaten tersebut.

Sementara itu Paman Birin, usai melantik tiga pasangan bupati dan wakil bupati, bermain futsal bersama sekretaris daerah provinsi dan sejumlah kepala SKPD lingkup pemerintah provinsi. Mereka melawan tim dari kabupaten Tanah Laut, yang langsung dipimpin bupati yang baru dilantik Sukamta. (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat