4 Maret 2021

Banjarbaru KLB Virus MR, Warga Kalsel Dihimbau Waspada

1 min read

Kadinkes Provinsi Kalsel, dr. Muslim.

BANJARMASIN – Menyusul ditetapkannya kota Banjarbaru berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit virus Measles Rubella atau campak Jerman, warga Kalsel dihimbau waspada.

Himbauan ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dr. Muslim.
Menurutnya, kasus temuan Rubella di Banjarbaru terdapat 61 penderita dinyatakan klinis. 40 sampel diantaranya dikirim ke laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI di Jakarta.

Dari hasil pemeriksaan, sebanyak 37 penderita dinyatakan positif Rubella. Sementara 3 lainnya negatif atau jika dipersentasikan sebesar 92,5 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, dr. Muslim, mengatakan untuk pengujian sampel 33 orang di setiap titik lingkungan sekolah di Banjarbaru. Dari 33 klinis dikirim 22 sampel. Hasilnya 19 dan 18 dinyatakan positif Rubella. Kemudian pihaknya kembali mengambil 9 sampel disalah satu SMA di kota yang sama. Secara klinis positif campak-Rubella. Namun untuk memastikannya menunggu hasil dari laboratorium Balitbang Kemenkes secara tertulisnya.

“Hasil ini membuktikan campak dan Rubella harus diwaspadai,” katanya.

Dinkes sudah melakukan upaya pencegahan penyebaran agar tak meluas. Menurutnya, pencegahannya penyakit ini hanya melalui imunisasi MR. Untuk realisasi di kalsel, saat ini sudah mencapai 31 persen lebih atau sekitar 100 jiwa lebih. Muslm menghimbau masyarakat banua agar tak takut divaksin. Selain diperbolehkan dalam agama, pemberian vaksin MR ini merupakan cara efektif untuk mencegah terserangnya virus campak dan rubella, terutama bagi usia anak 19 tahun kebawah. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.