4 Maret 2021

Tidak Punya KTP, Siap-Siap Kena Tipiring

2 min read

Masyarakat yang terjaring Razia Kelengkapan KTP, langsung di proses Tipiring.

BANJAR-Enam puluh tujuh orang terjaring razia tanpa Kartu Tanda Penduduk (KTP), razia ini di gelar pemerintah Kabupaten Banjar melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai leading sektornya yang bekerja sama dengan beberapa lintas sektoral pemkab Banjar, Rabu (12/9) di jalan A. Yani Km. 39 depan Gedung Juang Martapura.

Kepada Abdi Persada Fm Kepala Satpol PP Kabupaten Banjar Ahmadi mengatakan Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mempunyai KTP, apalagi di saat menjelang Pilpres tahun 2019 mendatang karena sebagai salah satu syarat  pemilih harus mempunyai KTP dan pastinya sebagai identitas diri. Menurut Ahmadi razia ini tidak untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) namun untuk menertibkan sesuai dengan Perda yang berlaku yakni No. 3 tahun 2016  sedangkan untuk masyarakat yang terjaring akan dikenakan sangsi tipiring berupa denda sebesar 50 ribu rupiah.
” Razia ini tidak untuk PAD, namun untuk kesadaran masyarakat agar yang tidak mempunyai KTP atau sudah berumur dan sudah menikah wajib memiliki KTP. Selain sebagai identitas diri juga sebagai syarat pemilihan Pilpres yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu Ahmadi juga menyampaikan untuk pelayanan pembuatan KTP oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar sendiri telah mengupayakan dalam memberikan pelayanan hingga sampai jam 4 sore, di harapkan masyarakat dapat memanfaatkan waktu yang di berikan tersebut menginggat pentingnya KTP sebagai identitas diri dimanapun berada, menurut Ahmadi untuk Razia kali ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun.

Ahmadi juga menambahkan untuk Razia KTP yang digelar pihaknya sudah berjalan sejak 4 tahun lalu, dalam setahun pihaknya telah menggelar 2 – 3 kali Razia dibeberapa tempat yang berbeda di Kabupaten Banjar. Dalam waktu dekatpun pihaknya akan melakukan razia kembali di wilayah Gambut.

Razia KTP  kali ini dilakukan oleh gabungan dengan beberapa Lintas Sektoral yakni Satpol pp Kabupaten Banjar,  Polres Banjar, Kodim 10 06 Martapura, Kejaksaan Martapura, Pengadilan Martapura, Disdukcapil Kabupaten Banjar,  Damkar Kabupaten Banjar dan Dishub Kabupaten Banjar. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.