BanjarNews

Tahun Baru Islam Ajang Silaturrahmi Warga Sungai Lulut

BANJAR-Berbagai Kegiatan yang di laksanakan Umat islam untuk merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah di berbagai tempat, salah satunya dengan menggelar Pawai Ta’aruf, seperti yang di lakukan warga Jalan Sungai Lulut Komplek Karya Budi Utama Raya 1 Rt. 12 A Kec. Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Selasa (11/9) pagi.

Kegiatan yang di gelar melalui TK/TPA Al Qur’an Al Fattah bersama Ratusan Warga dengan berbagai atribut busana islami memadati jalan seputar komplek perumahan untuk mengitari rute yang ditentukan oleh panitia.

Dengan mengusung Tema menanamkan nilai-nilai agama dan Akhlaq pada santri dan santriwati untuk menjaga ukhuwah islamiah dan prilaku yang sesuai dengan syari’at islam, tentunya ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Banjar menuju masyarakat yang sejahtera dan barokah.

Namun yang tak kalah serunya kegiatan ini juga di sediakan hadiah Doorpries dari panitia dengan memberikan berbagai pertanyaan seputar Islami.
Ketua Pembina TK/TPA Al Qur’an Al Fattah Abudurrahman Fahmi yang sekaligus panitia kegiatan ini Kepada Abdi Persada Fm mengungkapkan Kegiatan ini baru pertama kali di selenggarakan di tempatnya dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, walaupun demikian dirinya sangat mengapresia atas antusias warga untuk mengikuti kegiatan ini, Fahmi berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan jalinan silaturahmi antara warga, juga untuk meningkatkan ke imanan serta ketaqwaan kepada allah SWT.
” Alhamdulillah warga disini sangat antusias mengikuti kegiatan ini walaupun dadakan, dilihat hampir 500 ratus lebih warga yang ikut memeriahkan tahun baru ini, mudah-mudahan tahun depan lebih meriah lagi dan kami akan design sedemikian rupa agar lebih meriah lagi,” Ujar Abdurrahman Fahmi.

Hal senada juga di sampaikan Ketua RT. 12 A Komplek Karya Budi Utama Raya 1 Sungai lulut Repuliansyah usai acara berlangsung, Repuliansyah mengungkapkan dengan kegiatan memeriahkan Tahun Baru Islam kali ini, tentunya dapat mendidik anak-anak untuk mengenal hari-hari besar islam, dan juga dapat menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan mereka, Ia pun berharap acara seperti ini tahun depan terus berlangsung dan lebih meriah lagi.
” acara seperti ini dapat menanamkan dan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap agamanya, semoga tahun depan lebih meriah,” harap Repuliansyah.

Untuk di ketahui, Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke merata dunia. (AF/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat