5 Maret 2021

Bupati Terpilih Hasil Pilkada Akan Segera Dilantik

2 min read

Suasana rapat persiapan pelantikan tiga bupati pada senin (10/9).

BANJARBARU– Pemprov Kalsel saat ini tengah mempersiapkan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, pasca pilkada 27 Juni 2018. Melalui Rapat Koordinasi, Senin (10/9) siang, dipimpin Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Syamsir Rahman, mengundang pejabat terkait dari tiga kabupaten, yakni HSS, Tapin dan Tanah Laut, dibahas beberapa poin penting.
“Berdasarkan rapat koordinasi dengan pejabat tiga kabupaten yang bupati terpilihnya akan dilantik, telah dibahas sejumlah agenda penting terkait persiapan pelantikan, prosesi pelantikan dan pihak yang akan diundang,” terang Syamsir Rahman.
Dikemukakan, pelantikan bupati dan wakil bupati menunggu SK Mendagri yang saat ini masih dalam proses. Direncanakan pelantikan digelar pada September 2018. Jika sudah ada SK Mendagri, maka tinggal menyesuaikan agenda gubernur.
Kepala Biro Umum Setdaprov Kalsel HM Rusli mengatakan, terkait sarana dan prasarana pelantikan akan disiapkan Pemprov Kalsel, sesuai kewenangan dan tugas.

Kabag Protokol, Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel Raden Suria F menambahkan, secara umum prosesi pelantikan tidak jauh berbeda dengan pelantikan bupati sebelumnya. Hanya saja, lanjut Surya, jumlah undangan akan dibatasi, mengingat kapasitas Gedung Mahligai Pancasila yang terbatas, terlebih ada tiga bupati yang akan dilantik bersamaan.
Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, pihaknya telah menyusun rencana pelantikan kepala daerah hasil dari Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2018.
Kemendagri mendasarkan pelantikan kepala daerah terpilih sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
“Sudah kita susun tapi secara prinsip sebagaimana ketentuan Undang-Undang. Masa jabatan kepala daerah, baik gubernur, bupati, walikota tidak boleh dikurangi satu hari atau ditambah satu hari,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan, Jakarta, baru baru tadi.
Namun demikian, pelantikan tercepat baru dapat dilakukan mulai pertengahan bulan September 2018. (HUMPROVKALSEL/RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.