BanjarmasinNews

Tiba Di Syamsudin Noor, Hermansyah Langsung Sujud Syukur

Empat Jemaah Wanita Harus Jalani Perawatan Karena Kelelahan

BANJARBARU -Tepat pukul 17.00 Wita Kamis (30/8) sore, pesawat Airbus A330-200 mendarat di bandara Syamsudin Noor dengan mulus. Pesawat sewaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia ini, membawa 323 jemaah haji kloter pertama dengan selamat di debarkasi Banjarmasin. Meskipun kedatangan kloter pertama asal kota Banjarmasin ini, terlambat 40 menit dari jadwal semula, karena faktor padatnya jadwal pemulangan di bandara King Abdul Aziz Jeddah. Kedatangan mereka tanpa sambutan resmi dari pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, dan hanya disambut oleh Kakanwil Kementrian Agama Kalimantan Selatan Noor Fahmi bersama jajarannya, serta dari pihak maskapai penerbangan. Padahal diantara para jemaah kloter pertama ini, terdapat wakil walikota Banjarmasin Hermansyah, yang langsung melakukan sujud syukur saat menginjakkan kaki di Banua.

Kepada wartawan, Kakanwil Kementrian Agama Kalimantan Selatan Noor Fahmi mengatakan, kedatangan kloter pertama debarkasi Banjarmasin, sengaja tidak disambut secara resmi oleh pemerintah provinsi.
“Hal ini sesuai saran dari Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, dengan alasan keadilan. Mengingat kloter pertama ini sudah dilepas secara resmi oleh gubernur Sahbirin Noor,” jelasnya.

Lebih lanjut Fahmi mengatakan, seluruh jemaah kloter satu tiba kembali dengan selamat di Banua, sesuai dengan jumlah keberangkatan pada Juli lalu, yakni sebanyak 323 orang.
“Namun ada 4 jemaah wanita mengalami kelelahan dan sakit, sehingga harus dibawa ke pusat layanan kesehatan. Yakni 2 orang ke klinik di asrama haji, sedangkan 2 lainnya harus dirujuk langsung ke RSUD Ulin Banjarmasin, karena kondisinya yang sudah sangat drop,” ujar Fahmi.

Sementara itu salah seorang jemaah yang merupakan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, saat dimintai keterangan oleh wartawan, mengaku senang dengan pelayanan tahun ini. Baik dari segi konsumsi, transportasi hingga hotel tempat menginap para jemaah selama menjalankan ibadah.
“Hanya saja kondisi udara di sana membuat beberapa jemaah usia lanjut mengalami kelelahan. Bahkan angin ribut juga sempat terjadi, saat para jemaah menjalani ibadah disekitar Ka’bah. Namun tidak menghalangi kelancaran ibadah. Saya sendiri Alhamdulillah, dalam kondisi sehat hingga sampai kembali ke Banua,” jelasnya sambil menyalami para wartawan dan sesekali menerima ajakan swafoto oleh para jurnalis tersebut.

Para jemaah asal kota Banjarmasin ini diinapkan semalam di asrama haji di Banjarbaru, dan baru pada subuh Jum’at (31/8) dijemput bus yang disiapkan pemko Banjarmasin. Karena akan ada prosesi penyambutan oleh walikota Ibnu Sina. (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat