23 Juni 2021

Pulang Dari Tanah Suci, Paman Birin Langsung Pantau Titik Api Dari Udara

2 min read

Gubernur Kalsel (gamis kuning) berfoto di depan helikopter BNPB sesudah memantau titik api dari udara pada Kamis (30/8)

KALSEL -mDedikasi tinggi pada jabatan yang diemban, ditunjukkan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Alih – alih berkumpul bersama keluarga besarnya saat pulang ke tanah air usai menjalankan ibadah haji pada Kamis pagi (30/8), Paman Birin (sapaan akrabnya) justru langsung menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah. Masih mengenakan gamis, Paman Birin menaiki helikopter bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk memantau lokasi kebakaran hutan dan lahan. Terutama yang ada disekitar kawasan bandara.

Kepada Abdi Persada FM, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan Wahyudin menjelaskan, sekitar pukul 11.46 WITA, Paman Birin bersama sejumlah pejabat lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten, menaiki helikopter berkeliling di udara selama kurang lebih 45 menit.
“Setidaknya ada 4 lokasi yang dipantau oleh Paman Birin. Yakni Guntung Damar Banjarbaru, Tahura Sultan Adam dan Kiram kabupaten Banjar, serta Bati-bati Tanah Laut,” jelasnya.

Dari empat lokasi yang dipantau itu, dipastikan tidak ada temuan titik api. Namun masih terlihat asap tebal sisa kebakaran.
“Kondisi ini terjadi, karena selama dua hari terakhir wilayah Kalimantan Selatan diguyur hujan cukup deras, serta bantuan pemadaman dari udara oleh helikopter BNPB,” tambah Ujud (panggilan akrabnya).

Di akhir pemantauannya, gubernur Kalimantan Selatan berpesan melalui kepala BPBD, agar satgas Karhutla tetap semangat bekerja memadamkan api. Selain itu, Paman Birin juga menghimbau kepada para petani yang sedang melakukan panen raya, agar memotong padi hingga mendekati batang bagian bawah.
“Tujuannya agar hanya ada tersisa sedikit padi di lahan yang akan digarap lagi. Dengan begitu, petani tidak perlu melakukan pembakaran, untuk membersihkan lahan pertanian mereka,” jelasnya.

Sementara itu, data BPBD Kalimantan Selatan hingga pukul 09.20 WITA hari ini, tercatat 417 kali kejadian kebakaran lahan dengan luasan 1.433,75 Ha. Meliputi kota Banjarmasin 2 Ha, Banjarbaru 369,6 Ha, Banjar 272,1 Ha, Barito Kuala 8,3 Ha, Tapin 147,15 Ha, Hulu Sungai Selatan 134,1 Ha, Hulu Sungai Tengah 18,8 Ha, Hulu Sungai Utara 95,5 Ha, Balangan 27,5 Ha, Tabalong 17 Ha, Tanah Laut 297,8 Ha, dan Tanah Bumbu seluas 36 Ha, serta Kotabaru 7,9 Ha. (RIW/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.