BanjarmasinNews

Bangunan Liar Kawasan RTH Kamboja Dibongkar

Pemilik Sama Sekali Tidak Dapat Ganti Rugi

Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Satpol PP Kota Banjarmasin kembali melakukan pembongkaran bangunan liar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Kamis (30/8).

Pembongkaran ini di pimpin Kasi Ops Satpol PP Kota Banjarmasin Hendra, dengan menurunkan 230 personil, dibantu dengan pertugas kepolisian dari Polsek Banjarmasin Tengah, untuk menjaga keamanan selama proses pembongkaran berlangsung.

Hendra menyampaikan, kepada sejumlah wartawan, pembongkaran yang mereka lakukan saat ini, ada sebanyak 11 bangunan liar.
“Sebelumnya bangunan liar yang berada dikawasan RTH Kamboja sebanyak 35 bangunan liar serta gerobak. Namun, pemilik melakukan pembongkaran dengan kesadaran sendiri,” ujar Hendra.

Lebih lanjut Hendra menyampaikan, dari 35 bangunan liar tersebut, hanya ada 2 bangunan yang memiliki surat kepemilikan. Dan, kedua bangunan tersebut mendapatkan ganti rugi dari Pemerintah Kota Banjarmasin.
“Sedangkan, bangunan yang lainnya tidak memiliki atau dilengkapi dengan surat menyurat bukti kepemilikan,” ucap Hendra.

Hendra mengatakan, selama proses pembongkaran bangunan liar di RTH Kamboja ini, berlangsung aman dan terkendali.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Mukhyar mengatakan, sebelumnya Pemerintah Kota Banjarmasin telah merampungkan pembebasan di lahan area RTH Kamboja. Sehingga lahan tersebut, sepenuhnya milik Pemerintah Kota Banjarmasin.
“Bangunan yang ada saat ini, merupakan bangunan liar. Sehingga jika ada yang melakukan tuntutan untuk uang tali asih ataupun relokasi tidak ada dasarnya bagi Pemerintah Kota Banjarmasin untuk memberikan ganti rugi,” tutur Mukhyar.

Mukhyar mengatakan, bangunan liar ini ada, karena adanya pembiaran sehingga warga kembali menghuni area taman tersebut.
“Pembongkaran bangunan liar ini, karena pembangunan air mancur menari sudah mulai dilaksanakan,” ucap Mukhyar. (SRI/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat