17 Mei 2021

Antisipasi Kabut Asap Di Kalsel, 80 Ribu Masker Siap Dibagikan

2 min read

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan.

KAL-SEL – Puncak musim kemarau di Kalimantan Selatan Agustus ini, mulai terasa dengan meningkatnya suhu udara pada siang hari. Kondisi ini tentunya juga berdampak pada semakin rentannya kawasan lahan dan hutan Kalimantan Selatan, mengalami kebakaran. Dan betul saja, hingga akhir Agustus ini, jumlah luasan lahan yang terbakar di provinsi ini terus meningkat. Terutama di kawasan sekitar kota Banjarbaru, kabupaten Banjar dan Tanah Laut. Kebakaran lahan ini tentunya berujung pada munculnya kabut asap di beberapa daerah. Terutama yang berdekatan dengan lokasi bandara Syamsudin Noor. Kemunculan kabut asap ini, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan Muhammad Muslim mengatakan, seluruh jajaran dinas kesehatan hingga para tenaga medis di rumah sakit dan puskesmas, sudah siap memberikan pelayanan terbaik.
“Khususnya jika terjadi kasus ISPA akibat kabut asap kebakaran lahan. Namun hingga saat ini, belum ada laporan soal temuan kasus ISPA, akibat menghirup kabut asap,” jelas Muslim kepada Abdi Persada FM.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan stok masker, untuk dibagikan kepada masyarakat di kawasan yang paling dekat dengan lokasi kebakaran lahan.
“Setidaknya kami siapkan 80 ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat. Jika stok ini tidak mencukupi, maka kami juga siap untuk menambahnya”, ujarnya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga Rabu (29/8) terjadi 412 kejadian kebakaran lahan, dengan total keseluruhan luas lahan terbakar adalah 1.412,75 ha. Meliputi 2 ha di kota Banjarmasin, kota Banjarbaru seluas 369,6 ha, Banjar 272,1 ha, Barito Kuala 8,3 ha, Tapin 131,15 ha, Hulu Sungai Selatan 133,1 ha, Hulu Sungai Tengah 16,8 ha, Hulu Sungai Utara 95,5 ha, Balangan 27,5 ha, Tabalong 17 ha, Tanah Laut seluas 295,8 ha, dan Tanah Bumbu 36 ha serta Kotabaru 7,9 ha. Kota Banjarbaru masih menduduki posisi pertama, dengan luasan lahan yang terbakar hingga Rabu (29/8). (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.