7 Mei 2021

Rumah Sakit Apung KRI Dokter Suharso 990, Tambat Di Banjarmasin

1 min read

KRI Dokter Suharso di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

BANJARMASIN – Pagi baru saja menyapa kota Banjarmasin, ketika KRI dokter Suharso 990 tambat di pelabuhan Trisakti pada pukul 08.00 WITA. Beragam acara dilakukan untuk menyambut kedatangan rumah sakit apung milik TNI Angkatan Laut tersebut di perairan Kalimantan Selatan. Salah satunya adalah tarian tradisional Kalimantan Selatan, yang biasa diperlihatkan untuk menyambut tamu, Radap Rahayu. Sejumlah pejabat di lingkungan pelabuhan serta kota Banjarmasin pun, turut menyambut kedatangan kapal berwarna abu-abu tersebut, termasuk walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Ditemui wartawan di atas kapal, komandan KRI dokter Suharso 990 letkol pelaut Joko Setiyono menjelaskan, misi atau kedatangan mereka ke Banjarmasin bukanlah untuk aksi sosial. Melainkan untuk lebih mengenalkan dunia kelautan dan kehidupan di kapal, kepada para taruna AL Angkatan 66.
“Kami membawa 107 taruna, untuk lebih mengenal kehidupan di laut dan di atas kapal. Selain itu, mereka juga bertugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat selama openship dilaksanakan,” jelas Joko.

Kegiatan openship ini sendiri, berlangsung sejak Selasa (28/8) pukul 10.00 WITA, hingga Kamis (30/8) sebelum kapal pulang kembali ke Surabaya.

Demi tujuan openship ini, maka menurut Joko, para taruna akan dibagi dalam sejumlah kelompok untuk mendatangi sekolah-sekolah di Banjarmasin. Tujuannya untuk mensosialisasikan KRI dokter Suharso kepada para pelajar, dan menjadi tertarik mengunjunginya.
‘Selain itu mereka juga mensosialisasikan soal pendidikan di Angkatan Laut. Siapa tahu ada pelajar yang tertarik dan bergabung menjadi taruna Angkatan Laut,” jelasnya.
Lebih lanjut Joko mengatakan, selama openship berlangsung, masyarakat kota Banjarmasin dan sekitarnya dapat mengunjungi semua fasilitas yang ada di atas kapal bantu rumah sakit tersebut. Mulai dari fasilitas rumah sakit, helipad serta anjungan kapal. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.