BanjarmasinNews

Sampah Kiriman Serang Banjarmasin

BANJARMASIN – Mengingat letak Kota Banjarmasin berada di kawasan hulu, yang membuat kota ini selalu mendapatkan kiriman sampah dari aliran sungai di daerah hilir. Menyikapi hal tersebut, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan kepada sejumlah wartawan, Senin (27/8), sejak beberapa hari ini kota Banjarmasin menerima sampah kiriman dari daerah hilir. Sampah-sampah tersebut ada yang berbentuk sampah organik dan sampah rumah tangga yang memenuhi Sungai Martapura di Kota Banjarmasin.
“Untuk sampah organik seperti enceng gondok (ilung) yang memenuhi sungai Martapura Kota Banjarmasin, masih dapat ditoleransi oleh Pemerintah Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu.

Namun untuk sampah rumah tangga menurut Walikota pihaknya tidak bisa mentoleransi hal tersebut.
“Sangat disayangkan apabila masih ada warga yang membuang sampah ke sungai,” ucap Ibnu lebih lanjut.

Ibnu mengatakan, oleh karena itu pihaknya meminta warga tidak membuang sampah di sungai. “Jangan membuang sampah plastik di sungai, apalagi sampai membuang kasur,” kata Ibnu.

Ibnu mengatakan, untuk pembersihan sampah kiriman ini, pihaknya menurunkan kapal sapu-sapu untuk membersihkan sampah di Sungai Martapura.
“Saya akan menanyakan kepada dinas terkait apakah bisa kapal sapu-sapu ini ditambah lagi, tidak hanya satu kapal saja,” ucap Ibnu.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Gusti Ridwan Sofyani mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembersihan terhadap sampah kiriman tersebut.

Menurut Ridwan, pihaknya dari dulu memang hanya mengoperasikan satu kapal sapu-sapu, mengingat biaya sewa kapal tersebut sangat mahal. “Untuk membayar harga sewa kapal sapu-sapu ini, Pemerintah Kota Banjarmasin dibantu oleh Pemerintah Pusat,” tutur Ridwan.

Sedangkan, lanjut Ridwan, untuk membeli kapal tersebut tidak dianggarkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, mengingat harga kapal sapu-sapu sangat mahal. (SRI/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat