4 Maret 2021

Dewan Banjarmasin, Akan Kurangi Jumlah Anggota Pansus

1 min read

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Ananda saat memberikan keterangan.

BANJARMASIN – Pengurangan jumlah anggota pansus di DPRD Banjarmasin ini menyesuaikan kebijakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, yakni sebelumnya jumlah anggota panitia khusus untuk membahas satu raperda sebanyak 23 orang dan 22 orang, karena keseluruhan wakil rakyat di DPRD Kota Banjarmasin 45 orang, sekarang diterbitan aturan jumlah pansus masing masing hanya 15 orang saja, untuk pembuatan satu buah raperda maupun perda revisi.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Ananda kepada wartawan menjelaskan, aturan ini sudah dikonsultasikan ke pihak Kementrian Dalam Negeri, yakni sebelumnya satu buah raperda dibahas dua Komisi biasanya gabungan Komisi I dan III, begitupun Komisi II dan IV. Namun dengan adanya perubahan ini, maka Komisi I, Komisi II, dan Komisi III akan membahas masing masing satu raperda dan perda revisi saja.
Sementara untuk Komisi IV akan dibagi ke komisi ketiganya, agar jumlah anggota pansus disesuaian sebanyak 15 orang.

“Ketentuan ini sebenarnya bukan dikarenakan menurunnya target program legislasi daerah yang sudah ada, namun untuk memacu penyelesaian Prolegda, karena target Tahun 2018 masih ada sebanyak 16 buah yang harus dibahas,” katanya.

Lebih lanjut Ananda mengatakan, paling lambat bulan Oktober nanti aturan PP 12 tahun 2018 itu sudah harus dijalankan, sehingga jumlah anggota Panitia Khusus (Pansus) yang dibatasi hanya 15 orang saja, dan selanjutnya tatib dewan juga akan direvisi sesuai aturan baru tersebut. (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.