BanjarmasinNews

Air Baku Sungai Bilu Terintrusi Air Laut

PDAM Bandarmasin Batalkan Perbaikan Koneksi Pipa di Intake Sungai Tabuk

BANJARMASIN – Saat ini Kota Banjarmasin sudah memasuki musim kemarau, akibatnya air laut sudah masuk ke Sungai Martapura Kota Banjarmasin.

“Air baku PDAM Bandarmasih yang berada di intake Sungai Bilu kini sudah terintrusi air laut,” ujar Direktur Tehnik PDAM Bandarmasih Supian, kepada sejumlah wartawan, Kamis (23/8) sore.

Supian menyampaikan, saat ini air baku PDAM Bandarmasih yang berada di kawasan intake Sungai Bilu sudah terintrusi air laut, dengan kadar asin mencapai 450 miligram per liter. Sedangkan, batas toleransi kadar asin seharusnya hanya 250 miligram per liternya.
“Agar bisa dipakai air baku Sungai Bilu ini, maka pihak PDAM Bandarmasih melakukan pencampuran air baku Sungai Bilu dengan air baku yang ada di IPA 2 Pramuka. Sehingga kadar asinnya dapat berkurang,” tutur Supian.

Namun, Supian melanjutkan, apabila kadar air asin di Sungai Bilu semakin tinggi dengan kadar asin hingga diatas 450 miligram per liternya, maka kedepannya PDAM akan menghentikan pasokan air baku pada intake Sungai Bilu tersebut.
“Maka dengan begitu, PDAM Bandarmasih kedepan hanya mengandalkan satu sumber air baku di intake Sungai Tabuk saja,” jelas Supian.

Supian mengatakan, pasokan air baku dari Sungai Bilu ini, untuk memasok kebutuhan air baku pada IPA 1 A.Yani Kota Banjarmasin.

Supian juga menyampaikan, akibat air baku PDAM Bandarmasih yang berada di intake Sungai Bilu terintrusi air laut, maka PDAM Bandarmasih memutuskan, untuk membatalkan rencana pekerjaan perbaikan koneksi pipa di intake Sungai Tabuk pada Senin (27/8) mendatang.

Menurut Supian, alasan dibatalkannya pekerjaan tersebut, karena pihaknya mengkhawatirkan, pasokan air bersih di Kota Banjarmasin akan mengalami gangguan, bahkan hingga kekurangan air bersih.
“Untuk menjaga keamanan pasokan air baku inilah, maka PDAM Bandarmasih memutuskan, untuk membatalkan pekerjaan perbaikan koneksi pipa di intake Sungai Tabuk,” ujar Supian.

Seperti diberitakan sebelumnya, PDAM Bandarmasih berencana melakukan perbaikan koneksi pipa di intake Sungai Tabuk pada Senin (27/8), akibat pekerjaan tersebut akan ada pengurangan debit air bersih kepada pelanggan, hingga mati total kepada pelanggan yang terdampak pekerjaan perbaikan tersebut. (SRI/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat