5 Maret 2021

KPU Banjarmasin Hingga Kini Belum Terima Laporan Masyarakat

1 min read

Ketua KPU Kota Banjarmasin Khairunnizan saat memberikan komentarnya.

BANJARMASIN – Meski dibuka pada Minggu (12/8) lalu, tidak ada satupun warga menyampaikan keberatan, terhadap para bakal calon legislatif yang berjumlah sebanyak 583 orang di semua daerah pemilihan.

Menurut Ketua KPU Kota Banjarmasin Khairunnizan kepada wartawan di ruang kerjanya menyampaikan, saat ini langkah dari KPU Kota Banjarmasin, akan menyampaikan ke 15 parpol bahwa tidak ada tanggapan masyarakat, kemudian mulai (23/8) hingga (19/9), pihaknya mulai melakukan penyusunan Daftar Caleg Tetap yang diusung 15 partai politik peserta pemilu Tahun 2019 mendatang. Rencananya pada 20 September akan diumumkan DCT melalui media cetak dan elektronik, kemudian 24 September hingga H-3 menjelang pencoblosan, para Caleg sudah bisa melakukan kampanye di dapil masing masing.

“Dengan tidak adanya masukan warga terhadap bacaleg, maka otomatis caleg yang maju pada Pilleg, tidak bermasalah dengan hukum, misalnya kasus korupsi, bandar narkoba dan pelecehan seksual,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya bacaleg berjumlah 589 orang, namun 6 orang dinilai tidak memenuhi syarat atau TMS yakni 5 orang dari partai berkarya dan 1 orang dari partai keadilan sejahtera, disebabkan tidak memenuhi persyaratan seperti surat kesehatan dan legalisir ijazah. Namun pengurangan bacaleg ini tidak mempengaruhi kouta perempuan, sehingga dipastikan tidak akan terjadi pengurangan di lima daerah pemilihan. (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.