17 Mei 2021

Kota Banjarmasin Harus Memiliki Insenerator

1 min read

Ketua Pansus Elly Rahmah Usai Memberikan Keterangan Pada Awak Media.

BANJARMASIN – Dari hasil studi komparatif yang telah dilaksanakan Panitia Khusus (Pansus) Raperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup DPRD Banjarmasin ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor beberapa waktu lalu.Ternyata Insenerator wajib dimiliki oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, sebagai sarana penyediaan fasilitas pengelolaan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) dan medis.

Ketua Pansus Raperda perlindungan dan pengelolaan lingkungan DPRD Kota Banjarmasin Elly rahmah menjelaskan, untuk menanggulangi permasalahan limbah di Kota, perlu memiliki peralatan pengelolaan limbah, meski limbah medis dan B3 tidak langsung dapat mengganggu kesehatan dan mengancam kelangsungan hidup manusia, namun perlu adanya penyediaan peralatan pengelolaan limbah di Kota Banjarmasin.
“Selama ini di Kota Bogor, sudah memiliki alat Insenerator melalui jalinan bekerjasama dengan pihak perusahaan. Dan kami rasa Banjarmasinpun selayaknya memilikinya pula,” ucapnya.

Dengan demikian ke depan melalui adanya perda, Kota Banjarmasin mampu menerapkannya. Mengingat hingga sekarang belum memiliki alat Insenerator sendiri. Untuk penanganan khususnya limbah medis, hanya sampai pada tahap pengumpulan, kemudian dikirim ke luar daerah, sedangkan tahap pemusnahannya belum ada.

Politisi PAN kota Banjarmasin inipun menjelaskan, selama ini limbah kesehatan hanya dikelola Rumah Sakit ULIN dan Rumah Sakit Ansyari Saleh Banjarmasin, sedangkan di puskesmas tidak memiliki alat pengelola limbah tersebut, apalagi kalau berdirinya Rumah Sakit Sultan Suriansya, maka dipastikan alat ini sangat diperlukan.

Dengan demikian sebelum perda ini disahkan, Pemerintah Kota Banjarmasin diharapkan mampu menyediakan tempat dan alat pengelolaan limbah, supaya payung hukum ini bisa berjalan maksimal dan  bermanfaat secara luas bagi masyarakat. (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.