NewsTanah Laut

Kebakaran Lahan Di Tala Masih Sulit Dipadamkan

Tala urutan kedua terluas karhutla setelah Banjarbaru

TANAH LAUT – Kebakaran hutan di kabupaten Tanah Laut yang capaian luasannya telah mencapai 266 hektar, hingga saat ini masih sulit dipadamkan. Kesulitan itu diantaranya dikarenakan keterbatasan peralatan dan medan yang sangat sulit dijangkau. Hal itu disampaikan Plt Bupati Kabupaten Tanah Laut, Siswansyah kepada wartawan, seusai menghadiri rapat paripurna DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (20/8). Ia mengakui cakupan kebakaran hutan dan lahan yang terbesar kedua di Kalsel adalah kabupaten Tanah Laut setelah Banjarbaru. Menurutnya, hal itu disebabkan karena keterbatasan peralatan dan medan yang sangat sulit dijangkau. Selain itu, dari informasi yang diterima, kebakaran hutan dan lahan tersebut disebabkan lahannya sangat mudah terbakar.
“Jadi bukan karena human error. Bukan kesalahan manusia. Tapi karena lahannya mudah terbakar. Sehingga sulit untuk dipadamkan,” jelasnya.

Siswansyah menambahkan saat ini Pemkab Tala bekerjasama dengan instansi terkait sedang melakukan langkah antisipasi dan pengamanan di dalam daerah maupun perbatasan dengan kabupaten lain. Sehingga kebakaran tidak bertambah luas dan tidak merambah ke pemukiman dan perkebunan warga. Pihaknya juga masih menunggu bantuan dari pemerintah provinsi maupun pusat. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat