17 Mei 2021

Helikopter Tak Kunjung Datang, Kebakaran Lahan Meluas

1 min read

Kepala BPBD Provinsi Kalsel Wahyuddinl saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

KAL-SEL – Seminggu sudah ditunggu, helikopter bantuan yang dijanjikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tak kunjung datang ke Kalimantan Selatan. Padahal dijadwalkan, helikopter untuk membantu pemadaman api dari udara itu, tiba di bumi Antasari pada Senin (13/8) lalu. Selanjutnya, helikopter itu dijadwalkan langsung beroperasi, membantu pemadaman titik api yang tidak terjangkau tim pemadam di darat. Khususnya di kawasan sekitar bandara Syamsudin Noor, untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas penerbangan dari dan menuju Kalimantan Selatan.

Kepada Abdi Persada FM, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan Wahyuddin mengatakan, kedatangan helikopter tertunda hingga 22 Agustus mendatang, dan karena adanya kerusakan pada peralatan helikopter, dan inipun yang didatangkan hanya 3 unit saja, padahal Pemerintah Provinsi mengajukan bantuan 9 unit helikopter.
“Padahal tim pilot sudah ada di Banua sejak pekan lalu, dan menginap di salah satu hotel dekat bandara. Pihak BNPB pun sebenarnya malu, karena tidak sesuai janji. Tapi apa mau dikata lagi”, ujar Ujud (sapaan akrab Wahyuddin).
Nanti setelah helikopter tiba di bandara Syamsudin Noor, menurut Ujud, akan langsung bekerja membantu pemadaman dari udara. Mengingat selama sepekan terakhir ini, lahan yang terbakar meluas dan jumlah titik api meningkat.
“Terutama di kawasan sekitar kota Banjarbaru, dan Liang Anggang Tanah Laut. Terbukti selama beberapa hari ini, kabut asap muncul di sekitar wilayah ini,” jelasnya lagi.

Hingga berita ini diturunkan, luasan hutan dan lahan yang terbakar di Kalimantan Selatan sudah mencapai 1.084 hektar, dan kota Banjarbaru merupakan daerah terluas terjadinya karhutla ini, yang sudah mencapai 294 hektar. Disusul kabupaten Tanah Laut yang luasan lahan terbakarnya sudah mencapai 266 hektar. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.