13 April 2021

Perpustakaan Banjar Luncurkan I-Martapura

2 min read

Kepala Dinas Perputakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina

BANJAR – Demi mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi yang kian pesat. Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar, launching aplikasii-Martapura diperingatan puncak Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68 di halaman kantor Pemerintahan Daerah dengan ditandai pemencetan tombol sirine peresmian dari Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan dan Bupati Banjar KH Khalilurrahman didamping Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Rabu (15/8) lalu.

Saat ditemui Abdi Persada FM Kamis (16/8) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar Yasna Khairina mengungkapkan, peluncuran i-Martapura ini tak lain untuk mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Selain itu, Yasna menjelaskan i-Martapura ini merupakan perpustakaan digital berbasis medsos, yang dapat digunakan melalui smart phone dengan cara mendownload aplikasi tersebut melalui play store dan aplikasi tersebut juga bisa digunakan melalui desktop.

Yasna juga menjelaskan, i-Martapura ini berisikan buku-buku digital sehingga di manapun berada baik masyarakat atau anggota perpustakaan tersebut bisa melakukan pinjam buku dengan cara mengunduh aplikasi tersebut. Bahkan menurut Yasna, kedepannya mengingat Kabupaten Banjar merupakan kota yang agamis pihaknya akan mempersiapkan buku-buku yang bernuansa Religi.

Terkait mekanisme peminjaman buku dengan aplikasi i-Martapura tesebut tidak jauh berbeda dengan meminjam buku dengan datang langsung ke perpustakaan, hanya saja lebih mudah karena bisa di manapun berada.
“Kami juga nanti akan mengisinya mengikuti kearifan lokal seperti buku-buku agama, karena di sini banyak peminatnya, kami pun nanti akan mengajak instansi-instansi terkait yang ingin punya perpustakaan masuk ke i-Martapura,” ungkapnya.

Peluncuran i-Martapura tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Banjar senada dengan visi dan misi Bupati Banjar.
“Alhamdulillah kemarin pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar secara tidak langsung Louncing aplikasi i-Martapura tersampaikan, dan sasaran utama kami mungkin sekolah-sekolah di Kabupaten Banjar,” pungkasnya. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.