8 Maret 2021

Pemkab Banjar Lestarikan Kesenian Daerah Melalui Event Budaya

2 min read

Haris Rifani Kepala Disbudpar Kab Banjar memberikan tropy dan hadian kepada para pemenang lomba kesenian Banjar

BANJAR – Event budaya selalu dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten, dan ini sudah menjadi event tahunan untuk tahun ini. Disbudpar Kabupaten Banjar menyelenggarakan dengan diisi berbagai lomba, diantaranya lomba sinoman hadrah, maulid habsy, kuliner banjar, rudat, rebana, bakisah, dan bepantun. Ke 7 lomba ini telah dilaksanakan di halaman depan kantor dinas Kebudayaan dan Pariwisata sejak tanggal 1 hingga 16 Agustus 2018,yang diikuti para siswa dan siswi dari tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat sekabupaten Banjar.
Haris Rifani kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengatakan, gelaran ini selalu dilaksanakan terdorong dari rasa empati terhadap budaya yang mulai terkikis.

“Akibat perkembangan zaman dengan doktrin westernisasi atau yang biasa disebut kebarat baratan, budaya banjar jadi terkikis. Nah, event kali ini dibuat untuk melestarikan juga untuk menanamkan rasa cinta dan bangga serta mengajak untuk menjaga kesenian budaya Banjar pada anak anak hingga remaja,” ungkap Haris.

Haris menambahkan, Event ini memang rutin diadakan setiap tahunnya namun selalu mengalami perkembangan dan inovasi, hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya siswa siswi yg ikut berpartisipasi dalam lomba ini dan juga lomba yg baru diadakan pada tahun ini yg pada tahun sebelumnya lomba ini belom pernah diadakan, seperti lomba sinoman hadrah, rudat dan rebana.

“untuk mendapatkan para juara yg berkompeten dan berpotensi besar, dalam lomba ini didatangkanlah pula para juri yang berkompeten, ada dari taman budaya, seniman banjar dan rumah bahasa,” jelasnya.

Puncak dari event ini diselenggarakan pada kamis pagi (16/8) dengan berjalannya lomba bepantun sebagai penutup dan di akhiri dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan tropy, piagam Penghargaan Bupati Banjar dan uang pembinaan Kepada Pemenang, juara 1 dari setiap lomba mendapatkan piala bergilir dari Bupati Banjar, selain itu kepada semua pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan dengan jumlah total hingga 46 juta rupiah. (BYS/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.