15 Mei 2021

Alunan Biola Fellycia, Pukau Tamu Upacara Detik Detik Proklamasi

2 min read

Fellycia saat bermain biola usai upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di setdaprov Kalsel pada Jum'at (17/8)

KAL-SEL – Ada yang berbeda pada upacara peringatan detik – detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun ini, di lingkup pemerintah provinsi Kalimantan Selatan. Selain dengan suasana baru, karena lokasinya berpindah ke halaman setdaprov Kalimantan Selatan kawasan Cempaka Banjarbaru, upacara 17-an kali ini juga diisi dengan hiburan memukau dari seorang anak berusia 9 tahun asal Balangan. Dengan pakaian serba merah dan putih, gadis kecil bernama Fellycia Ariqah itupun menggesek biolanya, memainkan 3 lagu bertema perjuangan. Indonesia Pusaka, Indonesia Jaya serta Tanah Air. Seluruh penonton pun bertepuk tangan setelah Fellycia selesai memainkan lagu Tanah Air. Namun ternyata permainan biolanya tak berhenti sampai disitu, tangan kecilnya pun kembali menggesek biolanya, dan memainkan lagu yang saat ini sedang populer Lagi Syantik. Sontak para peserta, dan tamu serta undangan kembali bersorak sorai.

Fellycia adalah satu dari sekian banyak anak Banua, yang sudah mengharumkan nama Kalimantan Selatan bahkan Indonesia, hingga ke kancah internasional. Awal tahun 2018 tadi, gadis kelas 4 Sekolah Dasar di Paringin tersebut, memenangkan golden award untuk ketagori Best Performance Solo Violin pada Asia Pacific Art Festival di Kuala Lumpur Malaysia. Tak tanggung-tanggung, putri dari pasangan Ari Supriyanto dan Ayu Ryanto itu, berhasil mengalahkan pesaingnya dari sejumlah negara. Yakni Malaysia, Thailand, Jepang, Hongkong serta Singapura.
“Waktu itu saya memainkan salah satu lagu daerah asal Kalimantan Selatan. Saya bermain dengan tenang, dan akhirnya mendapatkan juara,” ungkap Fellycia kepada Abdi Persada FM, usai upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di halaman setdaprov Kalimantan Selatan, pada Jum’at (17/8).

Fellycia menuturkan, bahwa Ia sudah tertarik dengan biola sejak usia 6 tahun. Waktu itu Ia merasa biola asal alat musik yang mudah untuk dimainkan. Terbukti dalam waktu satu bulan saja Fellycia berhasil menguasai biola, dengan memainkan lagu pertamanya Kasih Ibu.
“Sampai sekarang sudah 2 tahun saya belajar dan berlatih biola dengan Master Warban. Dan semakin banyak lagu yang saya kuasai dengan biola akustik ini,” jelasnya.

Pada awal tahun 2019 mendatang, Fellycia akan kembali mewakili Indonesia pada ajang lomba yang digelar di Hongkong. Sejumlah persiapan pun sudah dilakukannya sejak sekarang.

Penampilan solo biola oleh Fellycia ini, sangat menghibur para peserta dan tamu undangan pada hari itu. Bahkan ada sejumlah tamu ikut bernyanyi mengiringi lantunan biola Fellycia. Begitupun saat Lagi Syantik dimainkan, para peserta yang sedari pagi berdiri dan kepanasan di tengah lapangan, turut bertepuk tangan mengiringi suara biola. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.