7 Mei 2021

Sapi Di RPH Basirih Diperiksa

1 min read

860 ekor sapi di RPH Basirih Kota Banjarmasin dipemeriksa kesehatannya.

BANJARMASIN – Menjelang pelaksanaan Idul Adha 2018 mendatang, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjarmasin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih. Pemeriksaan dipimpin langsung oleh drh Anang, Selasa (14/8).

Kepada sejumlah wartawan, drh Anang menyebutkan, 860 ekor sapi yang ada di RPH Basirih ini diperiksa kesehatannya seperti bagian kepala, mata, telinga, mulut, hingga ke struktur gigi untuk mengetahui apakah sapi-sapi tersebut layak untuk dijadikan hewan kurban atau tidak.
“Pemeriksaan sapi qurban di RPH ini juga meliputi bagian kulit agar memastikan tidak ada penyakit yang diderita, selain itu bagian kaki juga diperiksa untuk melihat sapi pincang atau tidak,” ujar Anang.

Menurut Anang, tujuan pemeriksaan ini untuk mengetahui bahwa sapi yang dibutuhkan saat Idul Adha, apakah sudah layak sesuai syariat Islam dengan kriteria sehat, mata bening, kulit bersih, dan kakinya tidak pincang.
“Dalam pemeriksaan kesehatan hewan qurban ini, kami menyediakan obat-obatan seperti obat cacing dan vitamin agar hewan qurban sapi disini menjadi sehat sebelum di qurbankan,” ucap Anang lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, Anang juga menyampaikan, hasil pemeriksaan terhadap 860 ekor sapi yang ada di RPH Basirih ini, pihaknya tidak menemukan adanya sapi yang menderita penyakit berbahaya atau antrax, dan lainnya. Selain itu, pihaknya juga tidak menemukan sapi yang cacat dari lahir seperti kebutaan, ataupun mal testis.
“Dalam pemeriksaan ini, kami hanya menemukan adanya sapi yang mengalami kelelahan akibat menempuh perjalanan jauh,” tutur Anang. (SRI/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.