NewsProvinsi Kalsel

DEWAN KALSEL AKAN REVISI PERDA DISABILITAS

BANJARMASIN – Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan akan melakukan revisi peraturan daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Zulfa Asma Vikra mengatakan dari informasi yang diterima, jumlah penyandang disabilitas yang ada di kabupaten/kota cukup besar sekitar empat ribuan. Saat ini, mereka banyak yang berada di desa-desa yang kurang mendapat perhatian. Sehingga perlu peran masyarakat, pemerintah dan pihak ketiga untuk membantu penyandang disabilitas tersebut. Misalnya, di bidang lapangan kerja di suatu perusahaan sebagaimana di dalam Undang-undang mewajibkan mempekerjakan penyandang disabilitas sesuai dengan kapasitasnya. Begitu pula di sektor pendidikan seperti perguruan tinggi negeri, diharapkan bisa memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk menempuh pendidikan. Oleh karena itu, Komisi IV berencana merevisi Perda Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas tersebut.
“Tujuannya agar keberadaan para penyandang disabilitas betul-betul diperhatikan dan hak-hak mereka bisa terakomodir baik dari segi pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan lainnya,” katanya.

Selain merevisi perda penyandang disabilitas, Komisi IV DPRD Kalsel juga akan mengusulkan dibentuknya Komisi Perlindungan Disabilitas Daerah. Di samping itu, diharapkan agar organisasi-organisasi yang bergerak dibidang disabilitas bisa turut eksis dan diayomi oleh pemerintah daerah. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat