BanjarmasinNews

Sambut HUT Kalsel, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Jadi Ringan

Tahun 2018 Ini Hanya Denda Yang Dihapuskan

BANJARMASIN – Pada peringatan hari jadi tahun lalu, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan memberlakukan program insentif pajak kendaraan bermotor, berupa pengurangan pembayaran serta penghapusan denda, karena keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Meski hanya berlangsung selama kurang lebih 5 bulan, namun antusiasme wajib pajak di Kalimantan Selatan cukup besar, untuk mengikuti program ini. Terbukti, dari target pemasukan sebesar 60 miliar rupiah melalui program ini, ternyata hingga 31 Desember 2017 jumlahnya sudah sangat melampaui harapan, yakni hingga 103 miliar rupiah. Melihat kesuksesan program itu tahun lalu, maka pada peringatan hari jadi ke-68 tahun ini, serta HUT Proklamasi RI ke-73, program yang sama kembali dijalankan. Terhitung mulai 9 Agustus hingga 31 Desember 2018.

Namun kepada Abdi Persada FM, kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (Bakeuda) provinsi Kalimantan Selatan Aminudin Latif, program yang dijalankan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu.
“Tahun lalu, kalau ada peninggalan pajak di atas 3 tahun, maka akan ada pengurangan pembayaran selama setahun. Dengan kata lain, wajib pajak hanya perlu membayar tunggakan selama 2 tahun. Selain itu, wajib pajak pun tidak dikenakan sanksi denda. Sementara tahun ini, hanya denda pajak yang ditiadakan, sedangkan tunggakan dibayarkan secara penuh,” jelas Aminudin.
Ia menambahkan, penerapan program tahun ini sesuai arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait laporan kinerja keuangan provinsi Kalimantan Selatan.
“Masalah tunggakan pajak kendaraan bermotor ini, menjadi salah satu catatan BPK terhadap kinerja keuangan kita. Karena itulah, BPK menyarankan program tahun ini hanya penghapusan denda pajak saja. Sehingga upaya memaksimalkan pemasukan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor ini, dpat tercapai,” jelasnya.

Penerapan program insentif atau keringanan pajak kendaraan bermotor ini, resmi dimulai pada 9 Agustus 2018 di siring 0 kilometer Banjarmasin, bertepatan dengan puncak peringatan hari jadi provinsi Kalimantan Selatan ke-68. Peresmiannya dilakukan langsung oleh gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dengan menyerahkan bukti pembayaran pajak Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) seorang ibu, yang melakukan pembayaran melalui mobil Samsat keliling, di siring 0 kilometer Banjarmasin. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat