17 Mei 2021

PD Pasar Bauntung Batuah Gelar Aksi

2 min read

PD pasar Bauntung Batuah, Kelurahan, pedagang dan masyarakat gelar aksi peduli lingkungan di Kali mati dimurung keraton

BANJAR – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68, PD Pasar Bauntung Batuah menggelar aksi peduli lingkungan dan penghijauan di sekitar kali mati, di Keluraham Murung Keraton Martapura, Jum’at (10/8) pagi.
Aksi yang digelar bersama dengan beberapa unsur terkait diantaranya pegawai Kelurahan Murung Keraton, pedagang pasar Batuah dan masyarakat setempat ini, dilakukan mengingat dalam kurun waktu berjalan kondisi kali mati dipenuhi dengan lumpur dan juga terdapat keberadaan sampah disebabkan ada oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan, ditambah lagi air yang tidak mengalir menimbulkan bau yang menyengat.

Oleh karena itu Pemerintah kabupaten melalui PD Pasar Bauntung Batuah menggelar Aksi kebersihan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Kepada Abdi Persada FM Plt Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan partisipasi pihaknya dalam menyambut Hari Kemerdekaan dan Hari Jadi Kabupaten, selain itu menurut Rusdi kali mati ini juga patut menjadi perhatian khususnya semua pihak terkait, tidak hanya saat momen hari jadi saja, namun juga setiap waktu. Sebagai upaya yang didasari atas kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan, kebersamaan, saling memelihara dan menjaga agar kali mati ini tetap terlihat bersih dan nyaman. Untuk itu pula, pihaknya terus menghimbau semua pihak baik masyarakat maupun pedagang pasar agar tidak membuang sampah di Kali ini.

Rusdi juga berharap dengan kegiatan seperti ini akan timbul kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan untuk menjaga dan merawat kali mati ini.
“Mudah-mudahan kedepannya dengan efek dari kegiatan ini menimbukan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk memelihara, menjaga dan merawat kali mati ini,” harap Rudi.

Sementara itu di tempat yang sama Sekretaris Kelurahan Murung Keraton Medi Rusdiansyah Kepada abdi persada FM juga menngungkapkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi berkala kepada masyarakat terkait dengan kebersihan dan pemeliharaan kali mati di kelurahan ini, menurut Medi memang masih ada beberapa kendala terkait pemeliharaan kebersihan di kali ini, yang terkadang masih ada saja masyarakat yang membuang sampah di kali mati ini, apalagi di lihat dari panjangnya kali mati yang berjarak sekitar 800 meter ini. Sehingga pihaknya agak kesuiltan untuk mengawasi masyarakat yang membuang sampah ke kali mati ini karena tenaganya terbatas. Oleh karena itu menurut Medi kebersihan kali mati yang berada di kelurahannya harus melibatkan semua pihak terkait.

Lebih lanjut Medi juga berharap disamping kesadaraan masyarakat juga harus ada pengawasan dari berbagai pihak baik dari kelurahan sendiri, PD pasar, maupun dari pihak satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten sehingga kali mati terjaga dari oknum yang tidak bertanggung jawab.
“ kalau kami sebatas menegur dan memberikan himbaun dan kalau bisa di sini juga dilakukan pengawasan dari sat pol pp sehingga bisa dilakukan tindakan penegakan atau sangsi apabila ada oknum yang membuang sampah di kali ini,” pungkasnya. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.