10 Mei 2021

Paman Birin Naik Haji

2 min read

suasana saat sholat hajat keberangkatan haji gubernur Kalsel pada Selasa malam (7/8) di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin

BANJARMASIN – Menunaikan ibadah haji adalah kewajiban bagi seorang Muslim, apapun profesinya. Entah dia seorang sopir, tukang becak hingga gubernur sekalipun. Itupula yang diyakini gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang tahun ini kembali diberi kesempatan untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut, bersama seluruh anggota keluarga inti. Selama menjalankan ibadah haji itu, tentunya Paman Birin (sapaan khas gubernur) harus melepaskan masalah keduniawian, terutama soal pemerintahan yang menjadi tanggungjawabnya sebagai kepala daerah.
“Kan ada wakil gubernur, jadi pemerintahan di Kalimantan Selatan akan tetap jalan, selama saya menjalankan ibadah haji”, jelas Paman Birin kepada wartawan, ketika ditanya soal siapa yang akan menggantikannya sementara pergi ke tanah suci.
Selain itu, kerjasama dan koordinasi antara kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah provinsi Kalimantan Selatan yang sudah cukup solid, diyakini mampu menangani semua persoalan pemerintahan yang muncul, saat gubernur pergi ke tanah suci. Lagipula, ini adalah kedua kalinya Paman Birin berangkat haji, pada posisinya sebagai gubernur Kalimantan Selatan. Sehingga para pejabat yang ditinggalkan, sudah memiliki pengalaman dari tahun sebelumnya.

Terkait keberangkatannya ke tanah suci ini, Paman Birin pun sudah menggelar sholat hajat di kediaman resminya di kawasan jalan R Suprapto Banjarmasin, pada Selasa malam (7/8). Sementara keberangkatannya ke tanah suci, dijadwalkan pada Minggu (12/8).
“Sehubungan dengan keberangkatan saya dan keluarga ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, maka dengan segala kerendahan hati, kami memohon maaf seandainya ada perbuatan atau perkataan kami yang salah, dan pernah menyakiti hati masyarakat. Doakan kami selamat selama menjalankan ibadah haji, hingga pulang kembali ke Banua”, ujar Paman Birin kepada para jemaah sholat hajat di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Selasa malam (7/8).
Permintaan maaf dan doa yang sama, juga kembali disampaikan gubernur, saat memberikan sambutan pada puncak peringatan hari jadi provinsi Kalimantan Selatan ke-68, di halaman eks kantor gubernur kawasan siring 0 kilometer Banjarmasin, pada Kamis (9/8). (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.