BanjarmasinNews

Kalsel Jadi Tuan Rumah Festival Pesona Budaya Borneo 2

2.000 Tamu Asing dan Lokal Bakal Hadiri Festival

BANJARMASIN – Selama beberapa waktu terakhir ini, provinsi Kalimantan Selatan dipercaya menjadi tuan rumah berbagai kegiatan atau even bertaraf regional maupun nasional. Bahkan hingga akhir tahun nanti, sejumlah kegiatan nasional dijadwalkan digelar di bumi Pangeran Antasari ini. Salah satu yang paling menyedot perhatian, adalah peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan diselenggarakan di Jejangkit Barito Kuala, pada Oktober nanti. Namun pada bulan kemerdekaan RI dan hari jadi provinsi ini, provinsi Kalimantan Selatan juga dipercaya menjadi tuan rumah even budaya suku Dayak, bertajuk Festival Pesona Budaya Borneo 2 Tahun 2018.

Dalam keterangannya saat jumpa pers pada Kamis sore (9/8) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Selatan Difriadi Darjat mengatakan, tema yang diusung pada kegiatan perdana di Kalimantan tersebut adalah “Dengan Budaya dan Pariwisata Kita Bergerak Membangun Kalimantan Untuk Lebih Sejahtera”. Tema itu bukan tanpa alasan, karena Festival Pesona Budaya Borneo merupakan representasi terhadap kekayaan, kearifan lokal masyarakat Kalimantan, baik dalam bentuk seni budaya maupun kultur pembangunan. Dimana semuanya diyakini dapat membangun daya saing ekonomi masyarakat Kalimantan.
“Selain itu, festival ini juga menjadi sarana hiburan interaksi dan sosialisasi yang bersifat edutainment kepada masyarakat luas, yang ujung-ujungnya dapat mendorong kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara”, ujar Difriadi.

Harapan itu tentunya tidaklah terlalu berlebihan, karena sejumlah duta besar negara sahabat sudah berkomitmen untuk hadir pada festival budaya suku Dayak di Kalimantan tersebut. Sebut saja duta besar Venezuela, Panama, Kazakstan, Peru, Kroasia, Belarus, Yaman, Pakistan dan Mexico. Bahkan para duta besar itu datang dengan membawa serta keluarganya.
“Untuk menyambut kedatangan para tamu duta besar, serta tamu asing lainnya, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan menganggarkan dana hingga sebesar 1 miliar rupiah lebih. Khususnya untuk ketersediaan hotel bagi mereka. Termasuk juga untuk penyelenggaraan acara pembukaan dan penutupan,” demikian penjelasan Faisal Rizani Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan.
Dana tersebut diyakini tidak terlalu besar, dibandingkan jumlah peserta dan tamu yang datang ke festival, dengan perkiraan jumlah mencapai 2.000 orang lebih.

Festival Pesona Budaya Borneo 2 Tahun 2018 dimulai sejak 11-15 Agustus 2018, dipusatkan di halaman eks kantor gubernur kawasan siring 0 kilometer Banjarmasin. Selama acara berlangsung, pengunjung, tamu serta wisatawan dapat menikmati beragam sajian budaya suku Dayak dari penjuru Kalimantan. Baik yang masuk wilayah NKRI, maupun negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam. Diantaranya berupa pagelaran berbagai kesenian, seperti melukis perisai, memahat talawang, menyumpit , kuliner daerah, balogo serta pameran produk unggulan. Terutama pada Minggu (12/8), akan digelar Kalimantan Art Carnival 2018 yang memperlihatkan pawai budaya Dayak, dengan segala keragaman dan eksotismenya. (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat