6 Mei 2021

Tempat Rekreasi Dan Olahraga Bisa Menambah PAD

1 min read

Ketua Pansus Hairun nisa saat memberikan komentarnya

BANJARMASIN – Ketua Pansus Raperda Retribusi Rekreasi dan Olahraga Kota Banjarmasin Hairun Nisa menjelaskan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata sangatlah ada, sehingga pembuatan payung hukum terkait penarikan retribusi tempat tersebut perlu dibuat.
Menurutnya, penarikan retribusi objek wisata dan olahraga masih dalam batas kewajaran, selama fasilitas dan pelayanan jasa yang diberikan memadai. Diyakini pula bidang pariwisata, akan lebih baik dengan adanya retribusi.
“Menambah pemasukan kas daerah tidak hanya melalui wisata kuliner, keberadaan tempat rekreasi serta sarana olahraga juga berpotensi,” ujar Nisa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarmasin Ikhsan Alhaq menilai, sebelum aturan dilaksanakan maka perlu adanya inventarisir aset daerah terlebih dulu.
“Dari hasil konsultasi ke Direktorat Pendapatan Daerah Kemendari, status aset harus dirampungkan dulu yang akan dijadikan objek retribusi. Jangan sampai nanti aset masih dimiliki pihak lain,” ucapnya.

Tekait tempat yang paling memungkinkan untuk penarikan retribusi saat ini adalah kawasan Menara Pandang Banjarmasin, misalnya retribusi masuk kawasan, retribusi kebersihan  pemakaian fasilitas umum seperti WC, dan retribusi tempat seperti sewa halaman serta pemakaian panggung. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.