15 April 2021

Sungai Martapura Berwarna Hijau Tak Pengaruhi Kualitas Air PDAM

1 min read

Kondisi air Sungai Martapura Kota Banjarmasin, kini mengalami perubahan warna

BANJARMASIN – Saat ini kondisi air Sungai Martapura Kota Banjarmasin kembali mengalami perubahan warna menjadi hijau toska. Tentunya, perubahan warna ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih.

Direktur Utama PDAM Bandarmasih Yudha Ahmadi mengatakan, untuk air baku PDAM Bandarmasih masih aman. Meski saat ini sedang berlangsung kemarau basah. Sedangkan, untuk air Sungai Martapura yang saat ini mengalami perubahan warna. Pihaknya tidak mengetahui secara pasti. Namun, mendekati musim kemarau panjang, terjadi perubahan warna air sungai menjadi lebih jernih. Sedangkan, terjadinya warna hijau kemungkinan adanya gulma hijau sehingga mempengaruhi warna air sungai tersebut.

“Untuk mengetahui lebih pasti mengenai perubahan warna tersebut, bisa ditanyakan langsung ke pihak Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD),” jelas Yudha, kepada sejumlah wartawan, Rabu (8/8).

Sementara itu, Manager Produksi IPA 1 PDAM Bandarmasih Ali Fatir mengatakan, saat ini kondisi air baku PDAM Bandarmasih baik yang berada dikawasan Sungai Bilu, dan Sungai Tabuk, masih dalam kondisi aman.

Menurut Ali, saat ini air Sungai Martapura sudah berwarna hijau. Kondisi ini, dikarenakan paparan sinar matahari yang tinggi, mengakibatkan tumbuh suburnya gulma dan lainnya yang mengakibatkan air sungai berwarna hijau.

“Apabila air sungai berwarna hijau, itu menandakan kemungkinan ph air menjadi rendah. Kondisi air sungai ini, tidak baik untuk dikonsumsi secara langsung harus diolah terlebih dahulu,” ujar Ali. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.