BanjarmasinNews

Demi NTB, Polda Kalsel Kirim 15 Truk Bantuan

BANJARMASIN – Belasan truk berjejer rapi di halaman tengah mapolda Kalimantan Selatan, pada Rabu pagi (8/8). Di bagian depan truk, terpasang spanduk merah putih bertuliskan Bantuan Untuk Korban Gempa NTB. Memang, sejak gempa berkekuatan 7 pada skala Richter mengguncang wilayah Lombok Utara pada Minggu malam (5/8), bantuan untuk para korban terus mengalir dari seluruh penjuru Indonesia. Termasuk dari jajaran polda Kalimantan Selatan, yang pelepasannya dilakukan langsung oleh Kapolda Irjen Pol Rahmat Mulyana pada Rabu pagi (8/8). Dengan mengibarkan bendera, rombongan truk besar pengangkut bantuan untuk NTB pun, resmi diberangkatkan ke lokasi bencana.

Kepada wartawan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rahmat Mulyana mengatakan, bantuan yang dikirimkan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan para korban sehari-hari. Seperti selimut, makanan siap saji, popok, serta pakaian bekas layak pakai.

“Saya dengar juga bahwa toko-toko sudah tutup, sehingga masyarakat kesulitan mencari bahan kebutuhan pokok. Karena itu kami kirimkan juga beras dan minyak,” jelas Rahmat.

Selain bantuan dalam bentuk barang, jajaran Polda Kalimantan Selatan juga berhasil mengumpulkan sumbangan dana hingga sebesar 300 juta rupiah.

“Seperti juga bantuan barang, dana juga terkumpul selama dua hari pasca bencana. Yaitu sejak Senin sampai Selasa. Alhamdulillah terkumpul cukup banyak, dan ini belum total dari seluruh polsek yang ada di Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Rencananya, bantuan barang dari Polda Kalimantan Selatan dan seluruh jajaran polsek 13 kabupaten/kota, akan diberangkatkan ke Nusa Tenggara Barat pada Kamis (9/8) menggunakan kapal laut yang khusus disewa, untuk mengantarkan bantuan langsung ke lokasi bencana.

“Pengiriman bantuan ini dikawal langsung oleh personil kepolisian, yang juga merupakan putra asli atau kelahiran Nusa Tenggara Barat,” tutup Kapolda. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat