15 April 2021

Bintara Tulang Punggung Polri

2 min read

BANJARBARU – Sebanyak 141 Bintara Kalimantan Selatan memulai pendidikan pembentukan Bintara polri di tahun 2018 ini. Para bintara ini akan dididik di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Banjarbaru, sejak Selasa (7/8).

Diawali dengan upacara pembukaan dan penyematan tanda pangkat siswa oleh Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rachmat Mulyana kepada salah satu siswa menjadi hari pertama dalam 7 (tujuh) bulan masa pendidikan yang akan dijalani.
Dalam pidato Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dibacakan oleh Kapolda Kalimantan Selatan Irjen pol Rachmat Mulyana yang saat itu bertindak sebagai Inspektur menyampaikan, Bintara polri menjadi salah satu etalase institusi polri, karena jumlahnya mencapai 353.793 orang, atau 79 persen dari seluruh personel polri yang berjumlah 448.083.
“Bintara polri juga senantiasa bertugas dilapis terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Kemudian, maraknya berbagai kejahatan lintas negara dan bentuk kejahatan siber. Seperti peredaran berita bohong dan ujaran kebencian bernuansa sara melalui media sosial. Oleh karena itu, dengan membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas melalui pendidikanan Bintara polri ini menjadi salah satu upaya agar stabilitas keamanan dalam negeri terus terpelihara,” demikian isi sambutan Kapolri.

Tidak hanya sampai disitu, kepada sejumlah wartawan, Irjen pol Rachmat Mulyana menyampaikan dengan pembentukan pendidikan ini dimaksudkan agar menghasilkan Bintara yang profesional, transparan dan terpercaya oleh masyarakat.
“Output yang diinginkan oleh pimpinan polri dan pimpinan wilayah tentu saja menghasilkan bintara-bintara yang profesional, transparan, jujur dan terpercaya oleh masyarakat. Nah, karena itulah pendidikan Bintara polisi tugas umum ini yang dikedepankan adalah fungsi Sabhara, agar setelah lulus mereka bisa mengetahui apa yang harus dilakukan sebagai tulang punggung polri,” pungkas Kapolda.

Untuk diketahui, tahun 2018 ini tercatat sebanyak 4800 Bintara yang akan mengikuti pendidikan pembentukan Bintara di seluruh Indonesia dan dibagi di berbagai lokasi pendidikan yakni sekolah polisi wanita, lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara lemdiklat Polri, Pusdik Binmas lemdiklat Polri, serta 31 SPN Polda. (ASC/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.