6 Mei 2021

Bingung Mau Kemana, Akhir Pekan Ini? ke Festival Kiram Aja

2 min read

BANJAR – Desa Kiram di kabupaten Banjar, selama ini dikenal warga lokal Kalimantan Selatan, sebagai destinasi wisata baru, yang menyajikan keelokan dan kesejukan daerah pegunungan. Namun ada yang berbeda pada akhir pekan ini. Karena Kiram menjadi tempat berlangsungnya Festival Kiram yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, sejak Jum’at (20/7) hingga Minggu (22/7). Beragam kegiatan menarik disajikan selama festival berlangsung. Mulai dari sajian kuliner dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, hingga permainan tradisional yang kini sudah banyak ditinggalkan. Diantaranya enggrang dan asinan.

Dalam sambutannya saat membuka Festival Kiram pada Jum’at sore (20/7), Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, Kiram akan menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), bersama gunung Kahung dan Mandiangin (Tahura). “Yang ditonjolkan pada wisata Kiram, tentu saja adalah wisata alam, dengan daya tariknya tersendiri. Apalagi Kiram akan jadi satu kesatuan destinasi dengan Mandiangin dan Kahung, maka semakin lengkaplah”, jelas Paman Birin (sapaan akrab gubernur) di hadapan tamu undangan yang berhadir pada pembukaan sore itu.

Lebih lanjut Paman Birin juga mengingatkan pemerintah kabupaten/kota, untuk mengembangkan objek wisata potensial di daerahnya masing-masing. Karena Paman Birin percaya, setiap objek wisata di Kalimantan Selatan memiliki keindahan dan kekhasannya tersendiri, untuk dapat menarik minat wisatawan lokal maupun internasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Heriansyah, kepada Abdi Persada FM menjelaskan, akan ada banyak kegiatan menarik untuk pengunjung Festival Kiram ini.” Di sini pengunjung dapat ikut bergabung dalam permainan tradisional, dan bila ingin menikmati makanan tradisional, dari 13 kabupaten/kota dapat pula mencarinya di sini”, jelas Heriansyah.
Selain itu menurutnya, akan ada pemilihan pemenang Putri Pariwisata Kalimantan Selatan tahun 2018, pada malam penutupan Minggu (22/7) nanti. Sedangkan pada pagi harinya, ada kegiatan Colour Run.

Ditargetkan, Festival Kiram di desa Kiram kali ini, dapat menarik pengunjung hingga ribuan orang.(RIW/RDM/ASC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.